Teknologi
Senin, 27 Juni 2016 - 03:00 WIB

KONSOL GAME TERBARU : Peluncuran Nintendo NX Diprediksi Tertunda

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Desain konsep Nintendo NX. (Istimewa0

Konsol game terbaru Nintendo NX sepertinya tidak meluncur tahun depan.

Solopos.com, SOLO — Perusahaan konsol game asal Jepang, Nintendo, sepertinya akan menunda peluncuran perangkat anyar NX. Konsol game terbaru Nintendo NX sebenarnya akan meluncur 2017.

Advertisement

Seperti dikutip dari Gamespot, Sabtu (25/6/2016), prediksi penundaan peluncuran konsol game terbaru Nintendo NX dipaparkan oleh analis Michael Pachter. Menurutnya Nintendo NX masih belum siap untuk diluncurkan. Hal itu karena Nintendo tidak memperkenalkannya di gelaran E3 2016.

Konsol game terbaru Nintendo NX  dirumorkan meluncur pada Maret 2017. Sayang Nintendo belum mau memaparkan banyak detail lain seperti spesifikasi dan harga perangkat anyarnya itu.

Namun produsen asal Jepang itu mengklaim kalau Nintendo NX bakal mejadi konsol game terbaru dan terkencang ketika dirilis. Belum jelas maksudnya terkencang dibanding Playstation 4 (PS4) dan Xbox One atau sebagai konsol game terkencang Nintendo.

Advertisement

Selain itu Nintendo juga menjelaskan bakal menyediakan Software Development Kit (SDK) untuk developer pihak ketiga agar memudahkan ketika menggarap game untuk Nintendo NX.

Developer pihak ketiga maksudnya adalah pengembang game di luar Nintendo, karena seperti diketahui Nintendo kerap membuat game sendiri tanp bantuan pihak lain seperti developer.

Nintendo juga bilang kalau NX akan menjadi konsol game terbaru yang mengusung konsep yang benar-benar baru, meski tak dijelaskan maksudnya seperti apa. Tapi kalau mengacu pada generasi-generasi sebelumnya, konsol bikinan Nintendo memang kerap tampil beda.

Advertisement

Pertama adalah Wii, ketika pesaingnya sebatas menonjolkan kekuatan grafis, Nintendo menawarkan sesuatu yang sama sekali baru lewat kontrolernya yang berteknologi motion sense atau sensor getar.

Begitu juga di Wii U, Nintendo menawarkan kontroler yang dibekali layar 6,2 inci. Sehingga gamer bisa memilih main di layar televisi atau cukup dengan layar di kontrolernya saja.

Meski Nintendo sudah terang-terangan membeberkan eksistensi NX, tapi jangan berharap banyak bisa melihatnya lebih dulu. Karena Nintendo memastikan kalau konsol game terbarunya itu tidak akan tampil di ajang Electronic Entertainment Expo 2016 yang akan digelar bulan depan.

Nintendo menyiapkan kejutan lain, yakni game Legend of Zelda. Jadi walau tidak secara langsung melihat Nintendo NX, setidaknya game tersebut bakal bisa memberikan gambaran performa konsol game terbaru tersebut nantinya, jadi tunggu saja.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif