Jogja
Senin, 27 Juni 2016 - 21:55 WIB

ENERGI ALTERNATIF : Sebanyak 1.000 Rumah Bakal Dialiri Listrik dengan Energi Baru Terbarukan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi aliran listrik (utilities-me.com)

Energi alternatif yang terbarukan menjadi pilihan masyarakat.

Harianjogja.com, BANTUL — Sebanyak 1.000 rumah akan menikmati aliran listrik dari energi baru terbarukan. PLN Arena Jogja menggelar penandatanganan Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBL) Listrik Swasta (Independent Power Producer / IPP) antara PLN Distribusi Jawa Tengah & DIY yang dan PT Energy Puritama untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Semawung kapasitas 600 kW, dan PT Bina Pertiwi untuk PLTMH Kalipelus kapasitas 450 kW.

Advertisement

Penandatangan dilakukan oleh General Manager PLN Distribusi Jawa Tengah & D I Yogyakarta (PLN DJTY)  Dwi Kusnanto dengan Direktur Utama PT Energy Puritama Matheus Haryanto dan Presiden Direktur PT Bina Pertiwi Bapak Rusli Surya untuk PLTMH Kalipelus kapasitas 450 kW. Acara ini digelar di Gedung PLN Area Jogja, Bantul, Senin (27/6/2016).

General Manager PLN Distribusi Jawa Tengah & D I Yogyakarta (PLN DJTY)  Dwi Kusnanto, kapasitas 1.050 KW itu bisa mencukupi kebutuhan listrik sekitar 1.000 rumah tangga jika kebutuhan daya setiap rumah rata-rata 900 VA. Dari pengembang, PLN membeli seharga Rp990 untuk delapan tahun pertama. Pada tahun ke sembilan hingga 20, tarifnya Rp760 per kWh. Energi terbarukan ini dinilai relatif murah.

PLTMH Semawung berada pada lokasi Desa Banjar Harjo, Kalibawang. Kulonprogo. Pembangkit ini menggunakan air dari saluran irigasi Kalibawang Sungai Progo. Kapasitas yang dihasilkan adalah 1 x 600 kW dengan perkiraan energi sebesar 4,4 juta kWh per tahun. Sementara itu, PLTMH Kalipelus berada pada lokasi Desa Kalipelus, Purwanegara, Banjarnegara, Jawa Tengah Pembangkit ini menggunakan air dari saluran irigasi Blimbing Sungai Serayu. Kapasitas yang dihasilkan adalah 1 x 450 kW dengan perkiraan energi sebesar tiga juta kWh per tahun.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif