Jogja
Jumat, 24 Juni 2016 - 02:40 WIB

PENERIMAAN SISWA BARU : 816 Kursi SMA di Jogja untuk Siswa Luar Daerah

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi para Orang Tua calon Siswa Mencermati Pengumuman PPDB 2014. (Dok Solopos)

Dinas Pendidikan Kota Jogja menyediakan kuota sebanyak 816 kursi untuk siswa dari luar Kota Jogja.

Harianjogja.com, JOGJA – Persaingan calon siswa baru yang berasal dari luar Kota Jogja untuk masuk salah satu SMA negeri di Kota Jogja semakin ketat karena nilai yang dimiliki cenderung tinggi dengan kuota yang terbatas.

Advertisement

“Nilai yang dimiliki calon siswa baru dari luar Kota Jogja biasanya cukup tinggi di atas rata-rata siswa dalam Kota Yogyakarta sehingga persaingan cukup ketat. Apalagi, kuota yang disediakan terbatas,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Budi Ashrori seperti dikutip Antara, Kamis (23/6/2016).

Pada penerimaan siswa baru tahun ajaran 2016/2017, Dinas Pendidikan Kota Jogja menyediakan kuota sebanyak 816 kursi untuk siswa dari luar Kota Jogja dari total daya tampung 11 SMA negeri sebanyak 2.720 siswa.

Berdasarkan pendaftaran yang dilakukan secara online, jumlah pendaftar dari luar Kota Jogja sudah mencapai 2.937 siswa.

Advertisement

“Di dalam daftar pendaftaran, banyak siswa dari luar kota yang berada di posisi atas. Oleh karena itu, siswa luar daerah yang berada di posisi tiga terbawah belum tentu memperoleh posisi aman,” katanya.

Budi mengingatkan agar seluruh calon siswa baru untuk selalu memantau perkembangan atau pergerakan nilai yang bisa diakses melalui laman pendaftaran siswa baru secara “real time online” Kota Jogja.

Beberapa sekolah yang dinilai favorit seperti SMA Negeri 1, SMA Negeri 3 dan SMA Negeri 8 Yogyakarta sudah mampu memenuhi kuota pendaftaran. “Masih ada satu hari untuk proses pendaftaran. Hati-hati jika ada siswa dengan nilai tinggi tetapi belum mendaftar. Bisa saja mereka mendaftar di hari terakhir,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif