Jogja
Jumat, 24 Juni 2016 - 00:40 WIB

KEMACETAN JOGJA : Pengunjung Selfie Jadi Biang Kerok Macet di Malioboro

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pengunjung yang selfie kerapkali terlalu asyik dan mengabaikan pengguna jalan lainnya.

Harianjogja.com, JOGJA-Aksi selfie wisatawan diduga menjadi salah satu penyebab kemacetan di Malioboro. Pihak Polda DIY pun akan menurunkan personil di setiap simpul jalan di Malioboro untuk membantu mengurai kemacetan.

Advertisement

Dirlantas Polda DIY MH. Ritonga menuturkan dari pengamatannya pengunjung yang selfie kerapkali terlalu asyik dan mengabaikan pengguna jalan lainnya. Beberapa bahkan memotret sampai ke tengah jalan. Akibatnya kendaraan yang akan melintas terpaksa berjalan perlahan untuk menunggu aksi berfoto itu usai.

“Yang mau lewat harus nungguin dia, jadi lucu juga,” katanya dalam diskusi persiapan arus mudik di DPRD DIY Kamis (23/6/2016).

Di saat biasa aktivitas itu dinilai tak banyak mengganggu. Namun saat lalu lintas sangat padat seperti masa liburan kondisi itu menyebabkan efek beruntun berupa kemacetan di sepanjang jalan Malioboro.

Advertisement

Ritonga pun mengatakan untuk mengantisipasi hal itu pihaknya akan menempatkan personil di setiap sirip Malioboro. Selain akan mengurai kemacetan mereka juga akan mengingatkan pengunjung yang berfoto untuk berhati-hati selama menikmati suasana liburan di jalan ikon kota Jogja itu.

“Personil itu juga akan mengatur lalu lintas agar lebih lancar dan pengunjung tidak kebingungan di sekitar Malioboro,” imbuh dia.

Sementara untuk rekayasa lalu lintas, kepolisian akan mengarahkan kendaraan yang parkir di kantung-kantung parkir yang sudah disiapkan. Beberapa kantung parkir yang sudah disiapkan antara lain di Ngabean, Senopati dan lahan bekas STIE Kerjasama.

Advertisement

Untuk kantong parkir yang lokasinya cukup jauh dari Malioboro, Ritonga menuturkan pihaknya akan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan untuk memberikan bantuan alat angkut. Sementara bial jumlahnya tak memadai, Polda DIY juga siap memberikan bantuan alat angkut untuk mengangkut pengunjung dari kantung parkir ke Malioboro.

“Akan dikoordinasikan soal itu. Harapan kami karena sudah ada koordinasi maka akan ada bantuan dari Dishub untuk (angkutan) itu,” tutur dia.

Sementara Pemda DIY sudah menyiapkan lokasi alternatif parkir di pusat kota untuk menyambut libur lebaran. Warga pun diminta unyuk patkir di lokasi yang sudah disediakan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif