Jogja
Jumat, 24 Juni 2016 - 18:20 WIB

INFO MUDIK 2016 : Libur Lebaran, 2 Puskesmas di Jogja Ini Buka 24 Jam

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Moh Khodiq Duhri/JIBI/SOLOPOS)

Info mudik 2016, ada 2 puskesmas di Jogja buka 24 jam

Harianjogja.com, JOGJA-Dua puskesmas di Kota Jogja dan Rumah Sakit Pratama buka 24 jam selama libur lebaran yang akan melayani kegawatdaruratan dan persalinan. Keduanya, yakni Puskesmas Tegalrejo dan Puskesmas Jetis.

Advertisement

Selain dua puskesmas, layanan Yogyakarta Emergency Service (YES) 118 juga buka 24 jam dengan empat dokter, delapan perawat, dan 4 sopir ambulance.

“Kejadian yang bersifat emeregency seperti kecelakaan, sakit dadakan di wilayah Jogja bisa mengakses YES 118,” kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Jogja, Lana Unwama, Kamis (23/6/2016).

Lana mengakatan layanan tidak hanya dikhususnya bagi warga Jogja, namun juga bagi warga luar Jogja asalkan peristiwanya terjadi di Jogja. Bagi pemudik warga Jogja yang sudah terdaftar di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dengan fasilitas kesehatan di luar Jogja, saat mudik bisa digunakan di Jogja tanpa harus mendaftar terlebih dahulu melalui BPJS selama libur lebaran.

Advertisement

Utuk memberi kenyamanan para pemudik, Dinas Kesehatan juga akan menyiapkan tiga posko pelayanan kesehatan yang ditempatkan di Terminal Giwangan, Simpang Gembiraloka, dan Simpang Teteg (palang pintu Malioboro).

Tiap posko akan disediakan tim medis dari puskesmas berikut ambulan. “Kalau tidak bisa ditangani ditempat, maka petugas medis akan merujuk ke rumah sakit terdekat,” ujar Lana.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif