Jogja
Kamis, 23 Juni 2016 - 04:20 WIB

INFO MUDIK 2016 : Ini Titik Rawan Macet di Kulonprogo

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ruas jalan provinsi dari perbatasan Purworejo hingga Sentolo diperkirakan menjadi titik rawan kemacetan selama arus mudik dan arus balik Lebaran, Rabu (22/6/2016). (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

Info mudik 2016 jalur alternatif di Kulonprogo.

Harianjogja.com, KULONPROGO — Info mudik 2016 berikut mengenai titik rawan macet di Kulonprogo.

Advertisement

Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika (Dishubkominfo) Kulonprogo, Sigit Purnomo mengatakan akan dibangun pula posko pemantauan arus Lebaran di dua lokasi yakni di depan SPBU Wates dan Terminal Wates. Kedua titik tersebut dipilih karena berada di lokasi yang diprediksi akan padat oleh para pengguna jalan.

Berdasarkan pengalaman pada tahun sebelumnya, Sigit menyebutkan simpang tiga Ngeseng di Sentolo merupakan daerah yang paling rawan menjadi simpul kemacetan.

“Tahun lalu kendaraan mengular sampai jalur mudik saat pintu kereta ditutup,”ujarnya.

Advertisement

Kondisi tersebut baru teratasi ketika dipasang water barrier.

Selain itu, sejumlah titik yang juga rawan kemacetan yakni simpang tiga Demen di Temon, simpang tiga Toyan-SPBU Wates sampai Terminal Wates, simpang lima Karang Nangka, Wates, dan simpang tiga Kenteng, Sentolo.

Kasat Lantas Polres Kulonprogo, AKP Imam Bukhori menyatakan jalur alternatif di Kulonprogo memang sangat dibutuhkan ketika musim mudik Lebaran. Sebab Kulonprogo menjadi pintu masuk utama menuju Jogja dari sisi barat.

Advertisement

“Jalur utama mudik mulai dari perbatasan Purworejo hingga Sentolo yang statusnya jalan provinsi,”jelasnya.

Adapun, Imam menambahkan masih diperlukan penambahan penerangan jalan umum (PJU) di sejumlah titik. Selain itu, pemasangan rambu-rambu lalu lintas juga perlu ditambah khususnya di daerah Garongan. Koordinasi dengan sejumlah pihak terkait dan juga warga setempat telah dilakukan jelang arus mudik Lebaran.  Direncanakan akan dilakukan tambahan penerangan tanda rambu-rambu lalu lintas secara swadaya di titik-titik yang diperlukan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif