Entertainment
Rabu, 22 Juni 2016 - 17:33 WIB

PERINGATAN KPI : Sarat Ejekan, “Mari Kita Sahur” Trans TV Kena Semprit

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Komisi Penyiaran Indonesia (KPI)

Peringatan KPI kali ini ditujukan untuk program acara sahur di Trans TV.

Solopos.com, SOLO — Di saat Ramadan, banyak stasiun televisi yang berlomba-lomba menayangkan program acara bertema religi, di waktu buka dan sahur. Tak terkecuali pihak Trans TV yang menyuguhkan acara Mari Kita Sahur.

Advertisement

Sayang, program acara yang bertujuan untuk memberi hiburan penonton di saat sahur tersebut justru dinilai Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), sebagai acara yang tidak memperhatikan aturan dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI Tahun 2012.

“Komisi Penyiaran Indonesia Pusat [KPI Pusat] berdasarkan kewenangan, tugas dan kewajiban yang diatur dalam Undang-Undang No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran [UU Penyiaran], pengaduan masyarakat, pemantauan dan hasil analisis menilai Program Siaran ‘Mari Kita Sahur’ yang disiarkan oleh stasiun TRANS TV pada tanggal 7 Juni 2016 pukul 02.11 WIB tidak memperhatikan ketentuan tentang penghormatan terhadap nilai kesopanan, perlindungan remaja dan penggolongan program siaran sebagaimana telah diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran [P3 dan SPS] KPI Tahun 2012,” demikian bunyi imbauan KPI, sebagaimana Solopos.com kutip dari laman resmi KPI, Rabu (22/6/2016).

KPI pun memperinci “dosa-dosa” yang ada dalam program Mari Kita Sahur. KPI beranggapan kata-kata bernada ejekan dan olok-olokan dianggap tidak pantas untuk diumbar kepada publik.

Advertisement

“Dalam program tersebut beberapa kali terdapat kalimat-kalimat ejekan atau candaan antar pemain, seperti ‘Mbak ini ngomongin makanan, masa sampahan disitu?’. KPI Pusat menilai kalimat-kalimat ejekan atau candaan seperti itu tidak layak untuk ditayangkan. Selain itu, pada pukul 03.09 WIB terdapat kalimat ‘…tiba-tiba ongol-ongol dateng’. Pada tanggal 6 Juni 2016 terdapat kalimat ejekan ‘martabak belom bikin, dombanya udah nyampe’ dan pada tanggal 9 Juni 2016 pukul 02.12 WIB terdapat kalimat ejekan ‘nih ada tenda kemah’,” demikian penjelasan KPI.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif