Jogja
Rabu, 22 Juni 2016 - 01:46 WIB

PENGELOLAAN SAMPAH KULONROGO : TPA Banyuroto Dapat Buldozer dan Ekskavator

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pengelolaan sampah Kulonprogo mendapatkan perhatian dari Pemerintah pusat

Harianjogja.com, KULONPROGO –Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Banyuroto dapat bantuan sebuah buldozer dan ekskavator senilai Rp2 miliar dari Kemenetriaan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI. Alat berat ini sedianya akan digunakan untuk memadatkan sampah hingga tiga kali lipat.

Advertisement

Sandhi Eko Bramono, Kepala Seksi Wilayah I, Sub Direktorat Pengelolaan Persampahan Direktorat Pengembangan PLP mengatakan bahwa dengan bantuan ini diharapkan TPA Banyuroto tidak lagi bermasalah dengan keterbatasan lahan.

“Sekarang bukan zamannya lagi pemrosesan sampai terbatas karena lahan,” jelasnya saat penyerahan bantuan tersebut, Selasa (21/6/2016).

Meski TPA sampah kini diletakkan dalam hierarki paling rendah namun keberadaanya tetap dibutuhkan. Dengan bantuan alat berat maka massa jenis sampah akan bisa ditekan sehingga volume dan luas lahan sampah akan semakin efektif dan hemat lahan.

Advertisement

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo mengatakan bahwa pengelolaan sampah telah dilakukan dengan beberapa cara dan tak hanya mengandalkan TPA Banyuroto. Pemkab Kulonprogo telah membentuk kelompok swadaya masyarakat yang diberikan bantuan bangunan pemilahan sampah. Selain itu, telah dibentuk pula bank sampah yang banyak memberikan manfaat bagi masyarakat.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif