Soloraya
Rabu, 22 Juni 2016 - 08:10 WIB

LEBARAN 2016 : Jumlah Pengunjung WGM Ditarget Capai 100.000 Orang

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pekerja menyelesaikan pemasangan huruf papan nama wahana baru di objek wisata Waduk Gajah Mungkur, Desa Sendang, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Kamis (18/12/2015). (Trianto HS/JIBI/Solopos)

Lebaran 2016, pengelola objek wisata WGM menargetkan bisa meraih 100.000 pengunjung selama Lebaran.

Solopos.com, WONOGIRI–Pengelola Objek Wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur (OWSAWGM) Wonogiri menargetkan jumlah pengunjung di objek wisata tersebut bisa mencapai 100.000 orang selama 12 hari libur Lebaran sejak hari H hingga H+11. Target itu meningkat 19.000 dari capaian tahun lalu.

Advertisement

Kepala UPT OWSAWGM Wonogiri, Pardianto, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Selasa (21/6/2016), menyampaikan target capaian jumlah pengunjung saat libur Lebaran tahun ini naik cukup signifikan dari capaian tahun lalu. Pada 2015 jumlah pengunjung saat libur Lebaran terhitung sejak hari H hingga H+9 atau 10 hari tercatat ada 81.000-an orang. Sedangkan tahun ini jumlah pengunjung ditarget 100.000 orang. Target itu dihitung berdasar lamanya kegiatan di objek wisata yang akan digelar selama 12 hari, yakni sejak Lebaran hari pertama hingga H+11. Hal itu berarti kegiatan dua hari akan lebih lama dari kegiatan tahun lalu.

Pengelola optimistis target itu tercapai meski jumlah pengunjung di waktu dua hari terakhir itu diprediksi tidak akan bisa mencapai 19.000 orang. Pada dua hari terakhir tersebut jumlah pengunjung diperkirakan hanya mencapai 5.000-an orang. Jumlah pengunjung diprediksi akan tergenjot saat H+2 hingga H+4. Pada tahun lalu jumlah pengunjung pada masa itu bisa mencapai 20.000-an orang. Tahun ini diperkirakan jumlah pengunjung pada puncak keramaian itu meningkat lebih dari 14.000 orang.

“Untuk menggenjot jumlah pengunjung kami akan menampilkan Orkes Musik Dangdut Maespati dari Wonogiri dengan penyanyi dari Jogja, Solo, dan lokal, seperti Rita Ratu Tawon, Lia Kapucino, Vera Permata, dan masih banyak penyanyi lainnya. Dandutan akan digelar selama tujuh hari. Hari ke-8 hingga ke-12 kami akan menampilkan musik rege, koes plus, dan elektone,” kata Pardianto.

Advertisement

Khusus pada 17 Juli, lanjut dia, akan digelar bagi-bagi lebih dari 2.500 buah ketupat siap santap kepada pengunjung.

Pada kegiatan libur Lebaran harga tiket akan dinaikkan menjadi Rp14.000/orang dari harga di hari biasa senilai Rp7.600/orang. Kenaikan harga tiket diyakini tidak akan menyurutkan antusiasme warga untuk mengunjungi OWSAWGM.

Menurut Pardianto, berlibur ke objek wisata yang terletak di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri itu sudah menjadi budaya masyarakat Kabupaten Gaplek. Banyak orang, terutama perantau, menganggap pulang kampung kurang afdol jika tak ke OWSAWGM.

Advertisement

Selain itu, masyarakat diyakini akan tetap antusias lantaran akses jalan menuju OWSAWGM sudah diperlebar, tugu adipura yang sebelumnya berdiri di depan gerbang timur juga sudah digempur, dan pintu masuk sudah sangat lebar. Hal itu membuat akses masuk ke objek wisata menjadi lebih lancar. Pengelola akan membuka 20 loket untuk melayani pengunjung. Pada hari biasa hanya dibuka dua loket.

“Kami akan minta bantuan polisi, TNI, Satpol PP, Dishubkominfo, Tim SAR untuk menjaga keamanan darat maupun perairan. Kami juga akan siapkan tenaga medis. Lahan parkir baru juga akan dibuka, seperti dekat parkiran barat, barat kolam renang, dan dekat jalan utama sisi timur. Jadi pengunjung enggak perlu khawatir soal parkir,” tutup dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif