Jateng
Selasa, 21 Juni 2016 - 12:50 WIB

PPDB 2016 : 8 SD dan 19 SMP Kabupaten Semarang Buka Pendaftaran Siswa Baru Secara Online

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelaksanaan PPDB Online (JIBI/Solopos/Dok.)

PPDB 2016 di Kabupaten Semarang untuk sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) juga dilakukan secara online.

Semarangpos.com, UNGARAN Setelah menyelesaikan pendaftaran peserta didik baru (PPDB) secara online untuk tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah sederajat, Senin-Kamis (13-16/6/2016), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kabupaten Semarang kini disibukkan dengan agenda serupa untuk tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

Advertisement

Tercatat ada 40 sekolah di tingkat SD dan SMP di Kabupaten Semarang yang akan menggelar PPDB secara online. Wakil Ketua Panitia PPDB Online Kabupaten Semarang, Adi Prasetyo, mengungkapkan 40 SD dan SMP yang menggelar PPDB Online itu delapan di antaranya merupakan SD dan 19 lainnya SMP.

PPDB 2016 secara online di Kabupaten Semarang ini, menurut Adi, digelar sebagai piloting program untuk mewujudkan e-goverment dan transparansi pelayanan publik di bidang pendidikan. “Untuk PPDB Online SD dan SMP akan kami adakan mulai Senin-Kamis (20-23/6/2016) ini dengan verifikasi mulai pukul 08.00-13.00,” ujar Adi kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (17/6/2016).

Data dari situs resmi PPDB 2016 secara online di Kabupaten Semarang di www.kabsemarang.siap-ppd.com, kedelapan SD yang membuka pendaftaran secara online adalah SDN Ungaran 1, SDN Ungaran 2, SDN Sidmulyo 4, SDN Sidomulyo 3, SDN Panjang 3, SDN Sudirman, SDN Bandungan 1 dan SDN Tengaran. Daya tampung seluruh sekolah itu mencapai 480 siswa, dengan kuota terbanyak di SDN Ungaran 1 yang mencapai 96 siswa.

Advertisement

Sementara, untuk SMP yang membuka PPDB online, yakni SMPN 1 Ungaran, SMPN 2 Ungaran, SMPN 3 Ungaran, SMPN 4 Ungaran, SMPN 5 Ungaran, SMPN 1 Bergas, SMPN 1 Ambarwa, SMPN 2 Ambarawa, SMPN 1 Getasan, SMPN 1 Banyubiru, SMPN 2 Tuntang, SMPN 1 Tengaran, SMPN 2 Tengaran, SMPN 1 Pabelan, SMPN 1 Suruh, SMPN 1 Jambu, SMPN 1 Bandungan, SMPN 1 Bringin dan SMPN 1 Bawen. Daya tampung seluruh sekolah mencapai 4576 siswa, dengan kuota terbanyak di SMPN 3 Ungaran, 320 siswa.

“Setelah proses pendaftaran dan verifikasi, akan berlanjut pada proses seleksi 24 Juni. Sementara, pengumuman pada 25 Juni dan daftar ulang pada 28-29 Juni,” terang Adi.

Terpisah Ketua Panitia PPDB Online, Mukadi, menyarankan para orang tua peserta didik perlu lebih memantau pada jurnal pendidikan. Dari jurnal itu akan dapat dilihat posisi terkini anaknya berdasar ranking nilai akhir. “Jurnal itu bukan hasil akhir penerimaan, tapi bisa menjadi pertimbangan orang tua peserta didik apakah akan mencabut berkas dan pindah ke sekolah lain atau tetap bertahan di sekolah yang diinginkan,” terang Mukadi.

Advertisement

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif