News
Selasa, 21 Juni 2016 - 17:09 WIB

KAPOLRI BARU : Mantan Kapoltabes Solo Dianggap Cocok Jadi Wakil Tito, DPR Ingin Budi Gunawan

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Komjen Pol. Budi Gunawan di DPR. (JIBI/Solopos/Antara/Wahyu Putro A.)

Kapolri baru hampir pasti akan dijabat Tito Karnavian. Untuk calon wakapolri, mantan Kapoltabes Solo Lutfi Lubihanto disebut cocok, di samping Budi Gunawan.

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo menyarakan akan lebih baik jika Komjen Pol. Tito Karnavian tetap mempertahankan Wakapolri saat ini, Komjen Pol Budi Gunawan, ketika dirinya resmi dilantik sebagai Kapolri.

Advertisement

Menurut Bambang, hal itu bertujuan untuk menjaga keharmonisan Tito dengan para seniornya. “Saran dari saya pribadi Tito tetap pertahankan Budi Gunawan dulu untuk harmonisasi internal kalau udah smooth barulah bisa [ganti Wakapolri],” ujar Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (21/6/2016).

Terlepas dari usulan Bambang, beredar opini terkait dua nama calon wakil Kapolri yang dianggap cocok mendampingi Tito di Polri, yaitu Komjen Pol. Syafrudin dan Komjen Pol. Lutfi Lubihanto (mantan Kapoltabes Solo dan Kapolda Jambi). Sementara itu, Budi Gunawan, berdasarkan opini yang berkembang, disebut-sebut akan menggantikan Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

“Saya dengar juga rumor yang cukup santer. Entah itu disebut di senayan atau di medan merdeka barat. Memang ada dua nama yang mencuat untuk menggantikan BG [Budi Gunawan],” ujar Bambang.

Advertisement

Bambang juga mengakui dirinya juga mendengar rumor Budi Gunawan yang akan menjadi Kepala BIN. “Tapi ini belum terkonfirmasi karena susah menghubungi Presiden karena yang paling tahu hanya Presiden dan Tuhan untuk urusan ini,” tukasnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif