News
Selasa, 21 Juni 2016 - 22:00 WIB

AGENDA PRESIDEN : Jokowi: Siapa yang Ulang Tahun?

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi didampingi Menlu Retno Marsudi dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memberikan keterangan pers mengenai pembebasan 4 WNI, Rabu (11/5/2016), di Istana Merdeka, Jakarta. (Setkab.go.id)

Agenda Presiden yang ultah hari ini tak ada yang mencolok. Malah, Jokowi hanya memberikan respons, “siapa yang ulang tahun?”.

Solopos.com, JAKARTA — Tidak ada yang berbeda dari aktivitas Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang baru saja merayakan peringatan kelahiran ke-55, Senin (21/6/2016). Malah, Presiden semakin disibukkan dengan agenda peninjauan sejumlah proyek pembangunan di sekitar Bogor, Depok, dan Bekasi.

Advertisement

Di tengah ibadah puasa dan “hari ulang tahunnya”, bisa dibilang agenda yang dijadwalkan lebih berat dibandingkan hari-hari sebelumnya. Kepala Negara dijadwalkan meninjau empat proyek pembangunan tol yang mangkrak sejak lama di sekitar daerah penyangga Ibu Kota

Selain itu, Presiden juga dijadwalkan meninjau usaha pembibitan sapi swasta, PT Karya Anugerah Rumpin (KAR), yang memiliki program kerjacsama perbaikan genetika sapi dengan Kemenristekdikti dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, di Cibodas, Bogor, Jawa Barat. Dia masih harus menghadiri peringatan Nuzulul Quran 1437 H/2016 M tingkat nasional malam ini pukul 20.00 WIB di Istana Negara.

Advertisement

Selain itu, Presiden juga dijadwalkan meninjau usaha pembibitan sapi swasta, PT Karya Anugerah Rumpin (KAR), yang memiliki program kerjacsama perbaikan genetika sapi dengan Kemenristekdikti dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, di Cibodas, Bogor, Jawa Barat. Dia masih harus menghadiri peringatan Nuzulul Quran 1437 H/2016 M tingkat nasional malam ini pukul 20.00 WIB di Istana Negara.

Tepat pukul 08.40 WIB, Presiden dengan kemeja putih khasnya tiba di tempat peninjauan pertama, yakni di pintu keluar Tol Ciawi untuk mengamati progress pembangunan ruas tol Ciawi-Sukabumi. Proyek itu mangkrak sejak 1997 lantaran dibiarkan begitu saja konsesinya oleh pihak swasta.

Seusai melihat-lihat perkembangan tol, Presiden menghampiri wartawan untuk menyampaikan hasil tinjauannya. Dia senang karena konstruksi seksi 1 proyek itu sudah mulai berjalan, setelah menunggu hampir 20 tahun lamanya.

Advertisement

Padahal, euforia netizen sangat riuh terasa di media sosial Twitter dalam merayakan ulang tahun Presiden tersebut. Netizen membuat hastag #HBDJokowi55 dan sempat menjadi trending topic di Twitter.

Kendati para netizen telah meluap-luap mengeskpresikan ucapan selamat, Presiden Jokowi tetap saja gila bekerja. Ketika sedang meninjau usaha pembibitan sapi lokal atau tempat kunjungan kerja kedua, Kepala Negara seperti tidak ingin hari ulang tahunnya menghambat hari kerjanya.

“Siapa yang ulang tahun?” jawabnya sambil meloyor kepada para wartawan yang mengucapkan selamat. Dia lalu kembali lagi fokus pada sapi-sapi lokal yang tengah dipraktikkan cara melakukan inseminasi buatan untuk membuat varietas unggul di depannya.

Advertisement

Setelahnya, dia kembali memberikan penjelasan kepada wartawan tentang pentingnya perbaikan genetika tersebut untuk tujuan swasembada daging nasional, yang diperkirakan baru bisa terlaksana pada 9-10 tahun ke depan tersebut.

Tanpa ba bi bu, Presiden Jokowi melanjutkan tempat peninjauannya yang ketiga di samping ruas tol Jagorawi untuk meninjau proyek jalan tol Cimanggis-Cibitung yang juga telah mangkrak sejak 2006. Waktu tempuh dari Cibodas sekitar 2 jam. Ketika tiba di tempat lokasi ketiga, matahari tengah terik-teriknya.

Namun, Presiden masih saja berkeliling, mengecek dan memastikan adakah hal-hal yang menghambat pembangunan, selain masalah pembebasan lahan yang masih minim untuk ruas tol tersebut. Dari Cibitung, Presiden melanjutkan peninjauannya di Fatmawati, Jakarta Selatan, untuk mengecek perkembangan jalan tol Depok-Antasari yang juga tak terlihat penyelesaiannya sejak 2006.

Advertisement

“Memang hari ini saya fokus untuk melihat proyek-proyek yang mangkrak sejak lama, apa kendalanya di lapangan saya ingin tahu, ini kan untuk jutaan masyarakat,” ujarnya, sambil berberes untuk kembali melanjutkan peninjauannya yang padat hari ini.

Di tempat terakhir, sekitar pukul 16.35 WIB, yakni proyek pembangunan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakkayu) yang persisnya bertempat di Jatiwaringin, Presiden masih tak lelah mengecek dan mempelajari laporan para kontraktor.

Selesai meninjau, dia menyampaikan rasa salutnya kepada kontraktor PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan seluruh pihak yang terlibat dalam proyek yang tiang-tiang pancangnya sudah ditanamkan sejak 20 tahun lalu itu. Pasalnya, realisasi konstruksi mampu melebihi rencana awal mencapai 67,864% dari perkiraan sebelumnya hanya 65,803% per Juni 2016.

“Saya kaget progress ini sangat cepat karena dikerjakan siang dan malam, kami harapkan bisa akhir 2017 selesai sebagai solusi dari kemacetan di wilayah ini,” ujarnya.

Seusai seharian memburu waktu dengan bekerja, para wartawan menyelipkan ucapan terakhir untuk Presiden Jokowi yang berulang tahun ke-55. “Pak, selamat ulang tahun ya.” Namun, Jokowi hanya tersenyum dan langsung membalikkan badan, tanda isyarat kembali bersiap untuk menuntaskan kerja terakhirnya malam ini, peringatan Nuzulul Quran di Istana Negara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif