Pialaeropa
Senin, 20 Juni 2016 - 19:30 WIB

PIALA EROPA 2016 : Gol Telat Menjadi Tren di Euro

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Griezmann merayakan gol pembuka ke gawang Albania. (JIBI/Reuters/Jean-Paul Pelissier)

Piala Eropa 2016 diwarnai dengan banyaknya gol di menit-menit akhir.

Solopos.com, SOLO – Turnamen Piala Eropa 2016 memunculkan tren baru, yakni terciptanya gol di menit-menit akhir jelang laga bubar. Dari total 42 gol yang tercipta dalam ajang sepak bola antarnegara di Eropa ini, 30% di antaranya terjadi di menit ke-87 atau lebih. Bahkan, setengah dari jumlah gol tersebut tercipta di masa injury time babak kedua.

Advertisement

Dilansir Uefa.com, Minggu (19/6/2016), dalam ajang Piala Eropa 2016 yang digelar di Prancis ini, memang tak banyak gol tercipta dalam satu laga. Drama kemenangan maupun hasil seri nan mengejutkan justru tercipta lewat gol-gol indah di menit-menit akhir.

Spanyol misalnya, mengawali petualangan di Euro dengan kemenangan tipis 1-0 dari Republik Ceko, Senin (13/6/2016) lalu. Gol semata wayang tim Matador itu dibuat oleh bintang Barcelona, Gerard Pique di menit ke-87. Ia membobol gawang Ceko yang dijaga Petr Cech selepas mendapat umpan apik dari Andre Iniesta.

Peristiwa serupa kembali terjadi saat Italia menghadapi Swedia di partai kedua Grup E. Setelah menang meyakinkan 2-0 atas Belgia di laga pembuka, Azzurri, julukan Italia, kesulitan untuk membongkar pertahanan Swedia, Jumat (17/6/2016). Kebuntuan itu akhirnya pecah setelah striker Eder Martins mengoyak gawang Isaksson di menit ke-88. Gol telat penyerang Inter Milan itu berhasil membawa Azzurri mengamankan satu tiket ke babak 16 besar.

Advertisement

Drama berikutnya terjadi ketika Republik Ceko sukses menahan imbang 2-2 Kroasia, Jumat. Sebenarnya, Kroasia sudah unggul 2-0 sebelum akhirnya gol sundulan Milan Skoda membawa Ceko bangkit. Ceko mampu menyamakan kedudukan lewat tendangan penalti Tomas Necid di menit ke-89.

Sementara itu, sekitar 14,3% gol tercipta di masa injury time babak kedua. Gol-gol itu antara lain dibikin oleh Vasili Berezutski (Rusia) saat melawan Inggris di menit ke-92, Bastian Schweinsteiger (Jerman) kontra Ukraina di menit ke-92, Graziano Pelle (Italia) lawan Belgia di menit ke-93, Dimitri Payet (Prancis) versus Albania menit ke-96, Daniel Sturridge (Inggris) lawan Wales menit ke-92, dan Niall McGinn (Irlandia Utara) menghadapi Ukraina di menit ke-96.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif