News
Senin, 20 Juni 2016 - 13:10 WIB

PERKIRAAN CUACA : BNPB: Curah Hujan Tinggi Hingga Maret 2017, Puncak Longsor Desember 2016

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi curahan air hujan (JIBI/Solopos/Dok.)

Perkiraan cuaca BNPB mengatakan curah hujan tinggi kemungkinan terjadi hingga Maret 2017.

Solopos.com, JAKARTA – Curah hujan diperkirakan terus meningkat hingga Maret 2017. Dengan demikian, puncak potensi longsor diperkirakan terjadi di akhir Desember 2016.

Advertisement

“Dari November ke Desember 2016 hingga Januari, Februari dan Maret 2017 La Nina akan terus meningkat sehingga potensi longsor akan semakin tinggi, diperkirakan puncak potensi longsor itu di akhir tahun ini di Desember 2016,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam jumpa pers di Graha BNPB, Jl. Pramuka, Jakarta Timur, seperti dilansir detikcom, Senin (20/05/2016).

Sutopo mengatakan peningkatan bencana longsor akan mulai terlihat Oktober tahun ini diakibatkan curah hujan yang juga akan terus meningkat. “Semakin tinggi curah hujannya, semakin tinggi potensi longsor dan bencana yang akan dihadapi. Untuk itu masyarakat dan pemerintah harus berupaya bersama,” ujarnya.

Menurut Sutopo, langkah yang harus segera disiapkan adalah memperkuat mitigasi antara lain dengan memasang sistem peringatan dini longsor di beberapa tempat rawan longsor, reboisasi kawasan rawan longsor, segera sosialisasi kepada warga pemukiman di daerah rawan longsor dan melatih masyarakat untuk siap menghadapi banjir maupun longsor.

Advertisement

“Ini adalah bom waktu, harus ada upaya revolusioner untuk penanganan bencana longsor ini. BNPB dan BNPD nggak mungkin bekerja sendiri. Untuk itu diperlukan perubahan perilaku masyarakat untuk mengaitkan kehidupan mereka dengan mitigasi bencana,” tegas Sutopo.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif