Jogja
Minggu, 19 Juni 2016 - 10:20 WIB

MUDIK LEBARAN 2016 : Penumpang Bus Diprediksi Turun 3%, Apa Penyebabnya?

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rusli, Karyawan Penjualan Tiket Bus Malam PO Murni Jaya (kiri) saat melayani calon pemesan tiket bus malam untuk arus mudik lebaran, di Terminal Jombor, Mlati, Sleman, Jumat (10/6/2016). (Sunartono/JIBI/Harian Jogja)

Mudik lebaran 2016 ini, penumpang bus diprediksi turun 3%

Harianjogja.com, SLEMAN- Selama arus mudik dan balik tahun ini, penumpang bus di Terminal Jombor diprediksi turun 3%. Penurunan jumlah penumpang itu disebabkan karena masyarakat banyak memanfaatkan fasilitas mudik gratis yang digelar sejumlah lembaga dan perusahaan.

Advertisement

Kepala Seksi Angkutan dan Terminal Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sleman Marjanto mengatakan, tren turunnya jumlah penumpang bus di Terminal Jombor terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

“Jika tahun ini jumlah penumpang diprediksi turun tiga persen. Penurunan penumpang ini terlihat sejak empat tahun belakang,” kata Marjanto, Jumat (17/6/2016).

Menurutnya, penurunan jumlah penumpang bus disebabkan sejumlah faktor. Selain tingginya mobilitas pemudik menggunakan kendaraan pribadi, banyak perusahaan dan lembaga lainnya yang menggelar program mudik gratis.

Advertisement

“Itu beberapa faktor yang memengaruhi turunnya jumlah penumpang,” katanya.

Meski sejumlah kebijakan telah diterapkan pemerintah, keberadaan penumpang yang menggunakan jasa bus di terminal Jombor sulit meningkat.  Dishubkominfo mencatat, pada 2013 jumlah penumpang selama musim Lebaran di Terminal Jombor mencapai 114.710 orang.

Sementara, jumlah bus penumpang tercatat 4.041 bus. Angka tersebut anjlok menjadi 106.782 penumpang pada 2014. Jumlahnya sedikit naik pada 2015 menjadi 107.850 penumpang.

Advertisement

“Kami perkirakan jumlah pemudik tahun ini sekitar 104.614 orang dengan kepadatan lalu lintas bus sekitar 4.057 unit bus,” terangnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif