News
Minggu, 19 Juni 2016 - 14:49 WIB

BANJIR SOLORAYA : Ini Lokasi Pemadaman Listrik di Soloraya

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi jaringan listrik (JIBI/Solopos/Dok)

Banjir Soloraya membuat PLN memadamkan arus listrik di sejumlah wilayah.

Solopos.com, SOLO–Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Surakarta melakukan pemadaman di beberapa wilayah yang menjadi titik banjir. Hal ini dilakukan dengan mempertimbangan alasan keamanan.

Advertisement

Asisten Manajer Jaringan PLN Area Surakarta, Ronny Afrianto, menyampaikan ada dua jenis pemadaman yang dilakukan, yakni skala besar dan skala kecil. Dia menjelaskan pemadaman skala besar dilakukan dengan memadankan jaringan tegangan menengah yang meliputi 8-15 trafo sedangkan skala kecil hanya memadamkan satu trafo. Oleh karena itu, jumlah rumah yang terdampak pemadaman skala besar bisa mencapai ribuan tapi kalau skala kecil hanya 20-40 rumah.

Dia menyebutkan trafo yang dipadamkan dan fuse cut out (FCO) yang dilepas di antaranya 11 trafo dan satu FCO di Rayon Solo Kota, empat trafo dan sembilan FCO di Rayon Grogol, dan Rayon Manahan memadamkan satu trafo.

“Pemadaman skala besar dilakukan di Pucangsawit, Kampung Sewu, dan Gadingan sedangkan skala kecil dilakukan di beberapa titik yang dampak banjir tidak besar. Belum bisa ditentukan sampai kapan pemadaman dilakukan, tergantung kondisi banjir,” ungkap Ronny kepada Solopos.com, Minggu (19/6/2016).

Advertisement

Dia mengatakan saat ini PLN terus memantau perkembangan air di lingkungan warga maupun Sungai Bengawan Solo. Menurut dia, hingga Minggu siang, aliran sungai masih deras dan tinggi. Selain itu, ada info di Wonogiri masih mendung sehingga berpotensi ketinggian air akan naik.

“Kalau air masih tinggi, [Minggu] malam ini kemungkinan pemadaman masih berlanjut karena kalau apabila air tinggi dan bertemu aliran listrik, akan membahayakan keselamatan masyarakat,” ujarnya.

Dia menyampaikan pemadaman hanya dilakukan di wilayah Rayon Kota dan Grogol, Sukoharjo sedangkan di Sragen, Sumberlawang, dan Palur tidak dilakukan pemadaman. Namun dia mengaku belum mengetahui jumlah pasti rumah yang terdampak pemadaman karena jalan macet dan beberapa titik sulit dicapai.

Advertisement

Pejabat Humas PLN Area Surakarta, Suyatno, mengatakan petugas terus siaga di pos untuk memantau kondisi. “Peralatan yang kemungkinan akan dibutuhkan juga sudah disiapkan supaya respons bisa cepat,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif