Otomotif
Sabtu, 18 Juni 2016 - 04:45 WIB

RECALL MOTOR: Yamaha Tarik R25 dan MT-25 Karena 3 Masalah Ini

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Yamaha R-25. (Motoroids.com)

Recall motor Yamaha karena sejumlah komponen mesin bermasalah.

Solopos.com, TOKYO – Yamaha Motor Company di Jepang telah mengumumkan penarikan massal (recall) terhadap lima sepeda motornya yang terdiri dari model YZF-R25, YZF-R25A, YZF-R3, MT-25, dan MT-320.

Advertisement

Ada tiga masalah yang membuat deretan motor bermesin dua silinder produksi Oktober 2014-Mei 2016 itu terkena recall. Seperti dilansir laman Motoroids, Rabu (15/6/2016), masalah pertama terdapat pada komponen penggerak pompa oli.

Gir pompa yang berbahan plastik pada bak mesin sebelah kanan ternyata tidak kuat menahan tekanan tinggi sirkulasi oli dan giginya mudah rompal. Alhasil aliran oli terganggu dan menyebabkan mesin mudah panas hingga over heat.

Masalah kedua adalah kerusakan pada bearing kopling. Komponen tersebut keras dan tidak responsif menerima tekanan dari tuas kopling sehingga proses memindahkan persneling menjadi sulit.

Advertisement

Sedangkan masalah ketiga yang menyebabkan lima motor global Yamaha harus di-recall adalah selang rem depan yang penempatannya kurang tepat, yakni terlalu dekat dengan radiator sehingga akan bergesekan ketika motor berjalan.

Akibatnya sangat fatal karena dapat mengganggu kinerja rem, bahkan membuatnya gagal berfungsi alias blong. Beruntung sejauh ini tidak dilaporkan adanya korban celaka terkait masalah tersebut.

Total ada 15.072 unit sepeda motor Yamaha yang terkena recall akibat masalah tersebut. Rinciannya YZF-R25 sebanyak 8.614 unit, MT-25 sebanyak 2.227 unit, YZF-R3 sebanyak 1.458 unit, dan MT-320 sebanyak 780 unit.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif