Teknologi
Jumat, 17 Juni 2016 - 05:45 WIB

SERBA-SERBI RAMADAN : Ini Aplikasi Ponsel Pendamping Puasa

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Prayer Time (play.google.com)

Selama Ramadan, sejumlah aplikasi digital dirancang khusus untuk teman berpuasa.

Solopos.com, SOLO – Tak terasa bulan Ramadan telah memasuki pekan kedua. Tak hanya sekadar menahan haus dan lapar, dinamika ibadah di bulan suci menjadi pengisi hari. Ibadah-ibadah tersebut antara lain salat berjamaah di masjid, tadarus alquran, hingga menyalurkan infaq bagi yang membutuhkan.

Advertisement

Nah, agar ibadah makin maksimal, Solopos.com merangkum sederet aplikasi smartphone yang bisa dimanfaatkan sebagai pendamping di bulan Ramadan.

Muslim Pro Ramadhan 2016

Advertisement

Muslim Pro Ramadhan 2016

Muslim Pro menjadi aplikasi terlengkap yang Solopos.com temukan di jajaran app market Play Store maupun App Store. Aplikasi ini enggak hanya menyediakan jadwal salat, imsakiyah, dan arah kiblat, namun juga kalender Islam dan asmaul husna. Saat waktu salat tiba, Muslim Pro siap berdering untuk mengingatkan penggunanya. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi kalkulator zakat, tasbih, serta map masjid dan resto terdekat.

Muslim Pro (play.google.com)

Advertisement

Ada pula fitur pengingat one day one ayat atau membaca satu ayat setiap harinya. Fitur Alquran yang ada dilengkapi audio dan terjemahan bahasa Indonesia. Ukuran file aplikasi bikinan Muslim Pro Limited Singapura ini sekitar 37,98 MB. Meskipun gratis, pengguna dapat mengupgradenya senilai Rp75.000 untuk mendapatkan fitur premium. Fitur premium menghilangkan iklan, menambah jumlah audio Alquran, dan pilihan tema yang beragam.

Prayer Time

Aplikasi ini menjadi pilihan kedua bagi pengguna smartphone yang pengin fitur lebih ringkas. Prayer Time yang dapat diunduh di ponsel berbasis Android ini memiliki fitur unggulan alarm azan salat, imsak, dan kiblat. Aplikasi buatan Kodelokus Cipta Aplikasi tersebut menyediakan konfigurasi yang lebih rinci. Lokasi pengguna bakal terdeteksi otomatis dan dapat langsung mengingatkan ketika waktu salat tiba.

Advertisement

Meski sederhana, pengguna tetap dapat mengatur bunyi alarm setiap waktu salat. Dering alarm dapat diset beberapa saat sebelum azan tiba agar pengguna dapat bersiap-siap ke masjid. Sementara untuk mengakses fitur arah kiblat, pengguna bisa menekan tombol kompas pada sisi atas aplikasi. Ukuran file cukup kecil yakni hanya sekitar 6,3 MB.

Buku Saku Ramadhan

Aplikasi Buku Saku Ramadhan berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya. Dalam aplikasi ini terdapat bacaan tentang keutamaan bulan ramadan, keutamaan puasa Ramadan, syarat wajib puasa, doa-doa bulan Ramadan, shalat tarawih, amalan-amalan utama bulan Ramadan, malam lailatul qadar, dan sebagainya.

Advertisement

Buku Saku Ramadhan (play.google.com)

Tulisan yang ada merupakan rangkuman dari berbagai sumber. Referensi utama berasal Alquran dan Hadits. Buku Saku Ramadhan termasuk aplikasi lawas yang dirilis publisher Kartasiswaya Technology pada 2013. Namun, angka unduhan telah mencapai 50.000 kali hingga saat ini. Ukuran file sangat kecil yakni hanya 457 KB.

Marbel Spesial Ramadhan Puasa

Aplikasi yang terakhir lebih cocok digunakan untuk anak usia 2-8 tahun. Sehingga, Youngers bisa merekomendasikannya untuk adik atau orang tua. Aplikasi ini memiliki fitur ajakan berpuasa, bacaan niat berpuasa ramadan, dan ibadah-ibadah sunnah. Seluruh aplikasi berjalan selama 30 hari mulai dari sahur, berbuka, tarawih, berzakat dan sedekah, dan diakhiri dengan salat Idul Fitri.

Marbel Spesial Ramadan (play.google.com)

Marbel juga melengkapi aplikasi dengan permainan anak sederhana seperti membangunkan sahur, makan sahur, persiapan sekolah, salat tarawih, amalan terpuji, takbir bersama, serta membagi zakat dan sedekah. Aktifitas tersebut disajikan dalam bentuk permainan yang menyenangkan. Sehingga, anak-anak lebih mudah paham.

Marbel menggabungkan konsep belajar dan bermain menjadi satu sehingga menghasilkan cara belajar yang lebih menyenangkan. Materi akan disajikan dalam bentuk yang menarik dilengkapi dengan gambar, suara, dan animasi. Aplikasi Android ini digolongkan ke dalam aplikasi pendidikan alias edukasi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif