News
Jumat, 17 Juni 2016 - 15:40 WIB

PPDB 2016 : Mekanisme Daftar Ulang Diserahkan Sekolah, SMAN 1 Solo Gelar Tes Urine

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - PPDB Solo 2016. (JIBI/Solopos/Dok)

PPDB 2016, Disdikpora Solo menyerahkan mekanisme daftar ulang hasil seleksi PPDB online ke sekolah.

Solopos.com, SOLO–Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2016 Kota Solo resmi mengumumkan hasil seleksi PPDB jalur online untuk jenjang SMA, Jumat (17/6/2016). Pengumuman dilakukan dengan mengedarkan surat ke sekolah-sekolah peserta PPDB online, mulai pukul 13.00 WIB. Pengumuman sempat diwarnai beberapa orang tua yang kecele datang ke sekolah untuk mengambil pengumuman tersebut sebelum pukul 13.00 WIB.

Advertisement

Ditemui di Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Koordinator PPDB SMA, Unggul Sudarmo, menjelaskan, panitia menyampaikan hasil seleksi PPDB online tersebut ke sekolah-sekolah mulai pukul 13.00 WIB. Namun dia menyatakan, hasil seleksi itu juga bisa langsung dilihat di website PPDB, ppdbsolo.net. Menyusul pengumuman PPDB tersebut, siswa yang dinyatakan diterima harus melakukan daftar ulang ke sekolah.

“Mekanisme daftar ulang yang mengatur sekolah masing-masing,” ujar Unggul.

Dihubungi terpisah, Kepala SMA Negeri (SMAN) 8, EP Agustina, berharap siswa yang sudah dinyatakan diterima di SMAN 8 akan melakukan daftar ulang sesuai jadwal, yakni Sabtu (18/6/2016). Pihaknya berharap mereka tidak ada yang mengundurkan diri atau mencabut berkas. “Harapan kami siswa yang sudah diterima ini tidak ada yang mundur sehingga kuota di SMAN 8 terpenuhi,” katanya.

Advertisement

Agustina mengapresiasi kebijakan Pemkot Solo terkait tidak adanya batasan kuota untuk siswa dari luar Solo di SMAN 8. Sebab dengan kebijakan itu, harapannya daya tampung siswa di SMAN 8 bisa terpenuhi.

“Dengan kebijakan itu memang siswa luar Solo banyak yang mendaftar ke SMAN 8. Tapi hal itu tidak masalah. Terlebih jika melihat nilai mereka juga bagus-bagus,” tambahnya.

Untuk daftar ulang, Agustina menjelaskan Sabtu siswa diminta hadir ke sekolah itu dengan membawa berkas yang ditentukan.

Advertisement

Terpisah, Kepala SMAN 1 Solo, Harminingsih menjelaskan sesuai jadwal, pihaknya meminta siswa yang telah diterima di SMAN 1 untuk hadir ke sekolah dan menerima penjelasan untuk daftar ulang.

“Sabtu ini para siswa mengambil formulir daftar ulang untuk kemudian diisi dan diserahkan kembali Senin (20/6/2016), sembari melampirkan berkas yang disyaratkan,” terang Harminingsih.

Harminingsih menambahkan juga akan dilaksanakan tes urine. “Hal ini sesuai program SMAN 1 Bebas Narkoba, sehingga setiap siswa yang masuk SMAN 1 harus menjalani tes untuk memastikan mereka bebas dari penyalahgunaan narkoba,” jelasnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif