Teknologi
Jumat, 17 Juni 2016 - 13:15 WIB

MEDIA SOSIAL TERPOPULER : Facebook Kini Diperkuat Fitur Cegah Bunuh Diri

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bunuh diri (Dok/JIBI/Solopos)

Media sosial terpopuler Facebook memiliki fitur untuk mencegah bunuh diri.

Solopos.com, JAKARTA — Seseorang yang terpikir melakukan bunuh diri seringkali memperlihatkan tanda-tanda melalui postingan di media sosial. Sebagai media sosial terpopuler, Facebook punya kesempatan untuk mencegah orang bunuh diri.

Advertisement

“Kami melakukan update sumber informasi kami untuk pengguna di seluruh dunia yang mungkin pernah mempertimbangkan untuk bunuh diri atau melukai diri sendiri, sekaligus memfasilitasi dukungan untuk teman terdekat dan anggota keluarga mereka,” tulis Facebook, seperti dilansir Detik, Kamis (16/6/2016).

Deteksi pencegah bunuh diri sebenarnya bukan fitur baru. Fungsi ini sudah dirilis sebelumnya di Amerika Serikat (AS), berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti Forefront, Lifeline, Save.org dan masukan dari orang yang memiliki pengalaman langsung dalam percobaan bunuh diri.

“Kami mengumumkan perangkat baru ini telah diluncurkan ke seluruh dunia bekerja sama dengan mitra lokal dalam berbagai bahasa yang tersedia di media sosial terpopuler Facebook,” demikian pengumuman Facebook.

Advertisement

Melalui fitur ini, ketika pengguna khawatir melihat postingan teman yang menunjukkan tanda-tanda melukai diri sendiri, mereka bisa menghubunginya secara langsung atau bisa juga melaporkan postingan mereka ke media sosial terpopuler Facebook.

“Kami memiliki tim yang bekerja 24 jam di seluruh dunia, yang akan memeriksa setiap laporan yang masuk. Mereka akan memprioritaskan laporan yang paling serius seperti percobaan untuk melukai dirinya sendiri,” terang Facebook.

Media sosial terpopuler Facebook akan merespons laporan mengenai postingan yang berpotensi bunuh diri dengan berbagai pilihan, yakni menghubungi teman, menghubungi layanan pusat bantuan, atau melihat tips.

Advertisement

“Bila Anda atau seseorang yang Anda kenal berada dalam suatu kondisi yang mengkhawatirkan, sangat penting untuk segera menghubungi layanan darurat,” saran Facebook.

Fungsi ini dapat ditemukan melalui halaman Pusat Bantuan (Help Center). Facebook merinci langkah-langkah yang harus dilakukan ketika seseorang memerlukan bantuan atau ingin menolong teman yang terlihat ingin menyakiti diri sendiri.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif