News
Jumat, 17 Juni 2016 - 08:30 WIB

LEBARAN 2016 : Tiket Bus Mulai Diburu

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Angkutan Lebaran (SOLOPOS/Dok)

Lebaran 2016, calon pemudik mulai memesan tiket bus.

Solopos.com, SOLO–Tiket bus untuk arus mudik dan arus balik Lebaran mulai banyak dipesan. Pengusaha otobus (PO) pun menaikkan tarif berdasarkan mekanisme pasar.

Advertisement

Owner Rosalia Indah, Yustinus Rusanto Adi, mengatakan penjualan tiket bus sudah dibuka sejak awal puasa, terutama yang dari Jakarta tapi kalau untuk dari Solo penjualan baru dilayani pada H-7 Lebaran. Rosalia memiliki empat kelas bus, yakni super eksekutif (26 kursi), eksekutif (32-36 kursi), VIP (40 kursi), dan patas (45 kursi). Dia mengungkapkan dari 70 bus yang dioperasikan selama arus mudik ini sudah terjual habis. Jumlah bus tersebut pun lebih banyak jika dibandingkan reguler yang hanya 50 bus per hari.

“Mendekati Lebaran, permintaan akan semakin meningkat. Oleh karena itu, kami menggandeng Blue Star untuk melayani kekurangan armada, biasanya penambahan ini bisa mencapai 50 bus,” ungkap laki-laki yang akrab disapa Adi ini kepada Solopos.com, Senin (13/6/2016).

Dia mengaku optimistis penumpang mudik kali ini bisa lebih tinggi jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Menurut dia, untuk daerah yang jauh dari stasiun dan moda transportasi lainnya, peminat bus masih tinggi. Hal ini mengingat bus Rosalia Indah tidak masuk terminal tapi langsung ke pool yang lokasinya strategis.

Advertisement

Selain itu, selama arus mudik dan balik Lebaran jadwal keberangkatan juga lebih padat jika dibandingkan dengan biasanya mengingat tingginya permintaan. Oleh karena itu, dia menjelaskan setiap bus terdapat dua sopir dengan jadwal pergantian setiap enam jam sekali. Hal ini supaya sopir tidak lelah dan menjaga keselamatan penumpang.

“Kami berharap penumpang arus mudik kali ini bisa naik dua sampai tiga kali lipat dari hari biasa. Kalau tahun lalu, kenaikan bisa mencapai tiga kali lipat dari penumpang reguler,” kata dia.

Terkait harga, dia mengatakan mengikuti mekanisme pasar mengingat bus yang dioperasikan Rosalia Indah dengan harga Rp150.000-Rp400.000. Salah satu karyawan PO Safari Dharma Raya, Catur Nawangsari, mengatakan pemesanan sudah mulai ada sejak awal bulan lalu. Namun dia mengatakan hingga saat ini belum ada harga baru yang dikeluarkan sehingga pemesanan masih menggunakan harga normal.

Advertisement

“Kami sampaikan ke calon penumpang kalau nanti akan ada penyesuaian harga pada H-7 Lebaran, kalau sekarang harganya masih normal, yakni Rp190.000 ke Jakarta, Rp285.000 ke Denpasar, dan Rp480.000 ke Mataram,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif