Jateng
Jumat, 17 Juni 2016 - 13:50 WIB

INFO MUDIK 2016 : Demi Pemudik Lebaran 2016, Semarang Tangani Terminal Mangkang

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Hendrar Prihadi alias Hendi. (JIBI/Solopos/Antara)

Info mudik kali ini mencatat kesiapsiagaan Kota Semarang yang mau merepotkan diri menangani Terminal Mangkang demi kenyamanan pemudik Lebaran 2016,

Semarangpos.com, SEMARANG —   Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang akrab disapa Hendi menegaskan Terminal Mangkang Semarang siap menyambut pemudik pada momentum Lebaran 2016. “Semarang kan punya beberapa terminal dengan klasifikasi tipe A, B, dan C. Untuk Terminal Mangkang dan Terboyo adalah tipe A,” katanya, saat meninjau Terminal mangkang Semarang, Kamis (16/6/2016).

Advertisement

Sesuai UU No. 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah, kata dia, pengelolaan terminal tipe A akan dilimpahkan kepada pemerintah pusat, termasuk Terminal Terboyo dan Mangkang. Namun, kata dia, sampai saat ini Terminal Mangkang dan Terboyo belum tersentuh perbaikan menjelang musim mudik Lebaran 2016 sehingga Pemerintah Kota Semarang akan memperbaiki sementara.

“Utamanya, di Terminal Mangkang. Terminal ini kan menjadi transit antarprovinsi di wilayah Barat Semarang. Kami lihat kesiapannya sebenarnya sudah oke. Tinggal penataan kebersihannya,” katanya.

Hendi juga mengatakan saat ini kondisi Terminal Mangkang sudah jauh lebih hidup dengan semakin banyaknya bus-bus yang masuk ke terminal itu dibandingkan dengan kondisi pada tahun-tahun lalu. “Sekarang bus sudah banyak yang masuk. Jauh lebih baik dibanding arus mudik tahun lalu karena aktivitasnya sudah mulai terasa sekarang. Hanya saja, saat ini belum ramai penumpang,” katanya.

Advertisement

Berdasarkan prediksi dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, serta pengusaha bus, kata dia, keramaian penumpang arus mudik baru dimulai pada H-4 atau empat hari sebelum Lebaran. “Jumlah penumpangnya memang belum ramai. Prediksi awak-awak bus dan kawan dari Dishubkominfo Kota Semarang, ramainya nanti mulai H-4. Ya, kami berharap semuanya bisa terlayani dengan baik,” katanya.

Sebelumnya, Dishubkominfo Kota Semarang menyebutkan Terminal Mangkang menjadi alternatif melayani pemudik pada Lebaran ini seiring dengan rob yang menggenangi akses dan kawasan Terminal Terboyo, Semarang. “Kami siap memfokuskan Terminal Mangkang untuk memberikan pelayanan pada penumpang arus mudik dan balik Lebaran 1437 Hijriah,” kata Kepala Dishubkominfo Kota Semarang Agus Harmunanto.

Meski sifatnya sementara, kata dia, Dishubkominfo tetap akan memaksimalkan pelayanan dan fasilitas yang ada di Terminal Mangkang untuk menyambut penumpang pada musim mudik Lebaran 2016.

Advertisement

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif