Ilustrasi pelaksanaan Ujian Nasional (UN) sekolah dasar dan sekolah sederajat. (JIBI/Solopos/Antara/Arif Firmansyah) Ilustrasi pelaksanaan Ujian Nasional (UN) sekolah dasar dan sekolah sederajat. (JIBI/Solopos/Antara/Arif Firmansyah)
Jumat, 17 Juni 2016 16:49 WIB Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos Pendidikan Share :

HASIL US/M SD
2 Siswa SD di Solo Masuk 10 Besar Peraih Nilai Tertinggi di Jateng

Hasil US/M SD, 2 siswa di Solo meraih 10 besar nilai tertinggi se-Jateng.

Solopos.com, SOLO–Dua siswa sekolah dasar (SD) di Solo masuk peringkat 10 besar nilai tertinggi Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) 2016 se-Provinsi Jawa Tengah. Mereka adalah Gabriela Carmen Wibowo dari SD Kristen Kalam Kudus dan Raja Bintang Mahardika dari SD Islam Internasional (SDII) Al Abidin.

Nilai US/M yang diraih kedua siswa tersebut sama, yakni 298,0 dengan perincian nilai yang juga sama untuk ketiga mata pelajaran (mapel) yang diujikan dalam US/M tersebut, masing-masing 100 untuk Matematika, 100 untuk Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan 98 untuk Bahasa Indonesia.

Sementara nilai rata-rata tertinggi US/M se-Kota Solo tahun ini diraih SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) dengan nilai 276,0.

Ditemui di kantornya, Jumat (17/6/2016), Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini (Dikdas & AUD) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Wahyono, mengemukakan, kelulusan siswa SD diumumkan serentak, Sabtu (18/6/2016).

“Kami jadwalkan pengumuman mulai pukul 10.00 WIB,” kata Wahyono.

Dia mengakui persentase kelulusan siswa SD tahun ini baru bisa diketahui setelah masing-masing sekolah melaporkan tingkat kelulusannya kepada Disdikpora.

“Karena kewenangan kelulusan siswa ada di sekolah, melalui rapat dewan guru di sekolah masing-masing,” terangnya.

Terkait perolehan nilai tertinggi US/M, Kasi Kurikulum Bidang Dikdas SD & AUD Disdikpora Solo, Rita Nirbaya, membenarkan, untuk nilai rata-rata tertinggi US/M di Kota Solo diraih SD Muhammadiyah PK, dengan nilai 276,0.

Berdasarkan catatan Solopos.com, rangking untuk perolehan nilai rata-rata tertinggi US/M SD Muhammadiyah PK meningkat dibandingkan tahun lalu karena sekolah tersebut berada di urutan kedua setelah SD Negeri (SDN) Mangkubumen Lor No. 15 Solo.

LOWONGAN PEKERJAAN
Harian Umum SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…