News
Jumat, 17 Juni 2016 - 16:49 WIB

HASIL US/M SD : 2 Siswa SD di Solo Masuk 10 Besar Peraih Nilai Tertinggi di Jateng

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi PTM di sekolah (Dok. Solopos.com/Antara)

Hasil US/M SD, 2 siswa di Solo meraih 10 besar nilai tertinggi se-Jateng.

Solopos.com, SOLO–Dua siswa sekolah dasar (SD) di Solo masuk peringkat 10 besar nilai tertinggi Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) 2016 se-Provinsi Jawa Tengah. Mereka adalah Gabriela Carmen Wibowo dari SD Kristen Kalam Kudus dan Raja Bintang Mahardika dari SD Islam Internasional (SDII) Al Abidin.

Advertisement

Nilai US/M yang diraih kedua siswa tersebut sama, yakni 298,0 dengan perincian nilai yang juga sama untuk ketiga mata pelajaran (mapel) yang diujikan dalam US/M tersebut, masing-masing 100 untuk Matematika, 100 untuk Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan 98 untuk Bahasa Indonesia.

Sementara nilai rata-rata tertinggi US/M se-Kota Solo tahun ini diraih SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) dengan nilai 276,0.

Ditemui di kantornya, Jumat (17/6/2016), Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini (Dikdas & AUD) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Wahyono, mengemukakan, kelulusan siswa SD diumumkan serentak, Sabtu (18/6/2016).

Advertisement

“Kami jadwalkan pengumuman mulai pukul 10.00 WIB,” kata Wahyono.

Dia mengakui persentase kelulusan siswa SD tahun ini baru bisa diketahui setelah masing-masing sekolah melaporkan tingkat kelulusannya kepada Disdikpora.

“Karena kewenangan kelulusan siswa ada di sekolah, melalui rapat dewan guru di sekolah masing-masing,” terangnya.

Advertisement

Terkait perolehan nilai tertinggi US/M, Kasi Kurikulum Bidang Dikdas SD & AUD Disdikpora Solo, Rita Nirbaya, membenarkan, untuk nilai rata-rata tertinggi US/M di Kota Solo diraih SD Muhammadiyah PK, dengan nilai 276,0.

Berdasarkan catatan Solopos.com, rangking untuk perolehan nilai rata-rata tertinggi US/M SD Muhammadiyah PK meningkat dibandingkan tahun lalu karena sekolah tersebut berada di urutan kedua setelah SD Negeri (SDN) Mangkubumen Lor No. 15 Solo.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif