Jogja
Kamis, 16 Juni 2016 - 09:33 WIB

HARGA KEBUTUHAN POKOK : Harga Sapi Hidup Turun Rp3 Juta, Harga Daging Masih Tinggi

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harga kebutuhan pokok untuk komoditas daging sapi masih tinggi padahal harga ternak turun

Harianjogja.com, JOGJA – Harga ternak sapi di Bantul menurun drastis sejak dua bulan yang lalu, namun hingga saat ini ironisnya harga daging sapi di pasaran masih cukup tinggi. Dengan menurunnya harga jual sapi hidup ini membuat para pedagang mengeluh karena mengalami kerugian.

Advertisement

Dari pantuan di Pasar Hewan Imogiri, Rabu (15/6/2016) harga sapi mengalami penurunan antara Rp2 juta sampai Rp3 juta per ekornya. “Sudah lama harga ternak turun, ini saja kita jual malah antara pedagang yang penting dapat uang,” kata Mursih pedagang Sapi di Pasar Hewan Imogiri.

Ia menuturkan para pedagang juga bingung dengan turunnya harga hewan ternak selama beberapa bulan terakhir, padahal jika melihat harga daging sapi di pasaran masih cukup tinggi. Namun demikian ia juga tidak mengetahui secara pasti kenapa ini bisa terjadi. “Mungkin ada oknum yang tidak bertanggung jawab, yang memainkan harga sapi,” ujarnya.

Menurut Mursih, selama dua bulan ini ia harus menanggung kerugian yang cukup banyak, karena jika harga sapi betina biasanya Rp15- Rp16 juta per ekor saat ini harga berkisar Rp13- Rp14 juta per ekor. Kemudian untuk harga sapi jantan dari kisaran harga Rp17 juta, kini hanya sekitar Rp15 juta per ekor.

Advertisement

“Para petani yang biasanya mau membeli dengan harga yang lebih tinggi justru saat ini tidak ada, entah mereka mungkin masih memiliki stok atau gimana,” paparnya lagi.

Selain itu, kerugian para pedagang ini akan bertambah jika mereka membawa sapi ternak lebih dari satu saat ke pasar, mereka masih harus mengeluarkan biaya untuk membayar blantik dan biaya transport sebesar Rp75.000- Rp100.000.

Sementara itu dari pantauan harga daging sapi di Pasar Bantul, harga daging masih berkisar Rp110.000 sampai Rp115.000 per kilogram.

Advertisement

Pengelola Pasar Hewan Turadi membenarkan jika harga ternak sapi cenderung menurun, banyaknya permintaan daging sapi di pasaran ternyata tidak mempengaruhi penjualan hewan ternak. “Memasuki bulan puasa ini justru semakin lesu, makanya pedagang banyak yang mengeluh,” paparnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif