Jogja
Rabu, 15 Juni 2016 - 01:40 WIB

LEBARAN 2016 : Untuk Pemudik dan Wisatawan, Gunungkidul Diprediksi Macet

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)

Selain menjadi daerah tujuan pulang kampung, Gunungkidul dipastikan pula ramai kunjungan wisatawan untuk berlibur.
Harianjogja.com,WONOSARI-Mudik lebaran 2016 diprediksi akan menimbulkan kemacetan di sejumlah titik di wilayah Gunungkidul. Selain menjadi daerah tujuan pulang kampung, Gunungkidul dipastikan pula ramai kunjungan wisatawan untuk berlibur lebaran nanti.

Kepala bidang Transportasi Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Gunungkidul, Kuncoro Budi Santosa menyebutkan ada beberapa titik yang dimungkinkan menjadi pusat kemacetan. Sehingga pihaknya perlu merencanakan pengalihan arus sementara di wilayah tersebut.

Advertisement

“Kemacetan biasanya terjadi mulai di kawasan Hargodumilah (Bukit Bintang) yang jadi perbatasan Gunungkidul dan Bantul. Banyak wisatawan yang parkir dan mampir untuk berfoto ria disana,” kata dia, Senin (14/6).

Ungkapnya, pihak dishubkominfo pun telah membuat perencanaan seputar pengalihan arus yang akan diterapkan di sejumlah titik perkiraan penumpukan kendaraan saat libur lebaran. Menurutnya kawasan menuju pantai akan menjadi perhatian khusus dalam penguraian kemacetan.

“Kawasan selatan di pertigaan Mulo itu nanti kami rencanakan dibuat satu. Tapi diberlakukan situasional, melihat arus kendaraan terlebih dahulu,” kata dia.

Advertisement

Lanjutnya, arus balik dari kawasan pantai akan melalui jalur pantai Pulang Syawal kemudian melewati jalur Tepus. Sedangkan dari arah kota Jogja, ada beberapa alternatif yang dapat dilalui oleh wisatawan. Antara lain yakni jalur: Jl. Imogiri timur- Mangunan- Dlingo- Getas- Playen- Wonosari, atau Siluk- Panggang- Saptosari- Paliyan- Playen- Wonosari, Atau dapat juga melalui jalur Parangtritis- Purwosari- JJLS.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif