News
Selasa, 14 Juni 2016 - 22:00 WIB

UNIVERSITAS TERBAIK : 10 Kampus Top Indonesia Versi QS: UI Teratas, UMS Satu-Satunya PTS

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi wisuda (www.schweppesaustralia.com.au).

Universitas terbaik versi QS Top Universities terbaru dirilis. Dalam daftar 10 kampus top Indonesia, UI masih no. 1, sedangkan UMS satu-satunya PTS.

Solopos.com, DEPOK — Universitas Indonesia (UI) menduduki peringkat ke-67 dalam daftar perguruan tinggi top se-Asia versi Quacquarelli Symonds (QS) University Ranking 2016 sekaligus terbaik dari Indonesia. Peringkat UI naik 12 tingkat dari tahun lalu (79). Dari Indonesia, hanya 11 perguruan tinggi yang diberi peringkat, yaitu 9 PTN, dan 2 PTS (Universitas Muhammadiyah Surakarta/UMS dan Universitas Binus).

Advertisement

Peringkat itu dirilis pada Selasa (14/6/2016) dan terdapat 350 perguruan tinggi di Asia dalam daftar itu. Pada 2016, pemeringkatan QS Asia University Rankings memperbarui metodologinya dengan menggunakan 10 parameter.

Ke-10 parameter itu di antaranya Academic reputation (30%) – mengukur unsur akademik secara menyeluruh; Employer reputation (20%) – mengukur kualitas tenaga pendidik perguruan tinggi; Faculty/student ratio (15%) – mengukur keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi; dan Citations per paper (10%) – mengukur jumlah kutipan (citation) pada setiap publikasi ilmiah.

Lima parameter lain adalah Paper per Faculty (10%) – mengukur jumlah publikasi ilmiah yang dihasilkan para sivitas akademika perguruan tinggi; Staff with PhD (5%) – mengukur proporsi pengajar dengan jumlah doktor; Inbound Exchange Students (2.5%) – mengukur jumlah mahasiswa asing yang berkuliah ke perguruan tinggi tersebut dalam rangka pertukaran pelajar sedikitnya satu semester; International Faculty (2.5%) – mengukur jumlah ekspatriat/tenaga pendidik asing di fakultas/perguruan tinggi; International Student (2.5%) – mengukur jumlah mahasiswa asing di fakultas/perguruan tinggi; dan Outbond Exchange Students (2.5%) – mengukur jumlah mahasiswa perguruan tinggi tersebut yang berpartisipasi sedikitnya satu semester pada program pertukaran mahasiswa di level internasional.

Advertisement

Rektor UI Muhammad Anis, mengatakan bangga dengan kenaikan peringkat itu. “Pemeringkatan bukanlah tujuan utama yang dikejar sebuah institusi pendikan melainkan menghasilkan lulusan unggul serta meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian bagi masyarakat. Kami berbangga hati atas pencapaian ini – dengan demikian secara tidak langsung menunjukkan bahwa institusi pendidikan di Indonesia telah direkognisi oleh dunia,” katanya dalam rilis yang diterima Solopos.com, Selasa.

Berdasarkan kalkulasi tim QS, UI unggul dalam kualitas tenaga pendidik, reputasi akademis, jumlah tenaga pendidik asing, serta kegiatan belajar-mengajar di setiap fakultas. Indikator lain yang berhasil dipenuhi diantaranya terdapat peningkatan signifikan dalam publikasi jurnal hingga mencapai angka 200%, pengelolaan SDM serta tata kelola organisasi yang mencakup budaya, kebiasaan, kebijakan dan upaya internasionalisasi komunitas mahasiswa maupun tenaga pendidik.

Di Indonesia, UI masih berada di peringkat teratas dalam daftar tersebut. Berikutnya berturut-turut ada ITB, UGM, Universitas Airlangga, IPB, Universitas Padjajaran, Undip, UMS, ITS, Unibraw, dan Universitas Binus. Dari daftar tersebut, inilah perguruan tinggi dalam sebelas besar. Daftar selengkapnya bisa dilihat di link ini.

Advertisement

Peringkat Asia Skor Universitas/Institut
67 61.0 Universitas Indonesia
86 54.5 Bandung Institute of Technology (ITB)
105 46.9 Gadjah Mada University
190 31.1 Airlangga University
191 31.0 Institut Pertanian Bogor
199 30.6 Universitas Padjadjaran
231-240 – Universitas Diponegoro
251-300 – Universitas Muhammadiyah Surakarta
251-300 – Institut Teknologi 10 Nopember
301-350 – Universitas Brawijaya
301-350 – Universitas Bina Nusantara (Binus)

Sumber: http://www.topuniversities.com

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif