Jogja
Selasa, 14 Juni 2016 - 07:55 WIB

UMKM DIY : Wow, Produsen Terbesar Wajan di Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Aluminium ilustrasi

UMKM DIY unggul dari sisi kerajinan aluminium.

Harianjogja.com, JOGJA–Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki potensi yang besar di bidang aluminium. DIY merupakan produsen terbesar untuk wajan.

Advertisement

“Sebanyak 30 persen kebutuhan hidup masyarakat enggak lepas dari logam misalnya berupa alat rumah tangga, perhiasan, kendaraan, dan lainnya,” kata Beni Hendraprasetia selaku Divisi Pengembangan Bisnis Asosiasi Pengusaha Aluminium Yogyakarta (Aspayo)  kepada Harianjogja.com ketika ditemui di Omah Duwur, Kota Gede, Jogja, Sabtu (11/6/2016) malam.

Peluang bisnis di bidang aluminium masih sangat terbuka lebar melihat jumlah penduduk di Indonesia yang sangat besar. Setiap rumah tangga membutuhkan wajan minimal dua sehingga setidaknya, dalam satu tahun kebutuhan wajan sekitar 50 juta. Produksi wajan di DIY merupakan yang terbesar. Setiap hari produksi wajan di DIY sekitar 15.000 wajan dari 10 perusahaan yang ada di DIY.

Ia berharap, ada kredit modal kerja dengan bunga yang bersahabat. Pasalnya, modal untuk memproduksi 15.000 wajan diperlukan bahan aluminium sebanyak 15 ton sedangkan harga per kg Rp20.000. Selain itu, kondisi lingkungan belum mendukung karena belum ada kawasan industri khusus sehingga peleburan aluminium tidak efisien.

Advertisement

“Seharusnya ada kawasan industri khusus peleburan aluminium dan tidak dicampur dengan industri lain agar hasilnya maksimal. Peleburan aluminium itu harusnya 24 jam jadi ada tiga sif sehingga efisien,”tambah Kepala UPT Logam Agus Maryanto.

Selain itu, masalah perizinan yang terlalu panjang dan sulit juga harus disederhanakan. Bantuan modal kerja juga dirasakan sangat perlu sehingga UMKM bisa tumbuh. Kendala yang dihadapi lainnya adalah tingginya suku bunga di Indonesia sehingga membuat perusahaan-perusahaan kecil untuk mengakses kredit.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Peluang Usaha UMKM DIY
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif