Jogja
Selasa, 14 Juni 2016 - 20:20 WIB

RAMADAN 2016 : Tak Hanya untuk Membangun Masjid, Dana Infaq Disarankan Juga untuk Pengentasan Kemiskinan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - INFAQ MASJID

Ramadan 2016 menjadi momentum umat Islam untuk bersedekah

Harianjogja.com, SLEMAN– Dana Masjid yang dihimpun dari dana infaq, diharapkan dapat digunakan untuk kegiatan non fisik. Salah satunya, untuk program pengentasan kemiskinan.

Advertisement

Camat Tempel Wildan Solichin mengatakan, pengurus atau takmir masjid dapat bersinergi dengan tim penanggulangan kemiskinan di tingkat desa maupun padukuhan untuk sama-sama mengentaskan kemiskinan.

Saat ini beberapa padukuhan di wilayah Tempel sendiri, membentuk Lembaga Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM).

“Selama ini dana masjid banyak dialokasikan untuk kegiatan fisik. Ke depan, dana masjid bisa digunakan untuk pengentasan kemiskinan. Ini bisa dilakukan jika pengurus masjid bisa bekerjasama untuk masalah ini,” tutur Wildan di sela-sela kegiatan Safari Tarawih Keliling Bupati Sleman bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkorpimda) Sleman di Masjid Baitul Qohhar, Gundengan Kidul, Margorejo, Tempel, Minggu (12/6/2016) malam.

Advertisement

Sekadar diketahui, pada 2015 tercatat 41.023 KK (11,76%) dari 361.263 KK di Sleman. Jumlah tersebut turun 0,09% dibandingkan 2014. Sedangkan angka kemiskinan tingkat Provinsi DIY pada 2015 pada persentase 14,91%.

Angka kemiskinan di Tempel dalam kurun 2013-2015 mengalami penurunan. Dari sebelumnya 45.037 KK menjadi 41.023 KK atau berkurang 4.014 KK. Meski turun, angka kemiskinan di Tempel itu masih tertinggi dibanding 16 kecamatan lain. Prosentasenya mencapai 20,61% dari rata-rata kemiskinan Sleman.

“Perlu upaya yang lebih keras lagi untuk menurunkan angka kemiskinan di Tempel. Upaya itu perlu peran aktif masyarakat dan sinergis dengan pemerintah,” ujar Bupati Sleman Sri Purnomo.

Advertisement

Dalam kesempatan tersebut Bupati menyerahkan bantuan 10 buah rukuh, lima buah Alquran beserta terjemahan, dan uang sejumlah Rp17 juta yang merupakan bantuan dari Pemkab, Badan Amil Zakat Nasional (Baznaz)Sleman, Bank BPD Sleman, Kecamatan Tempel, Pemerintah Desa Margorejo, Kemenag Sleman, Lumbung Zakat. Sebelumnya, Bupati juga menyerahkan bantuan 10 buah rukuh dan uang sejumlah Rp14 juta di Masjid Al-Manar Klodran, Sendangarum, Minggir.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif