Orang tua dan calon siswa melihat pengumuman PPDB di SMPN 4 Solo, Senin (22/6/2015). (Eni Widiastuti/JIBI/Solopos) Orang tua dan calon siswa melihat pengumuman PPDB di SMPN 4 Solo, Senin (22/6/2015). (Eni Widiastuti/JIBI/Solopos)
Minggu, 12 Juni 2016 10:40 WIB Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos Sukoharjo Share :

PENGUMUMAN HASIL UN
Ikut Orang Tua Merantau, 24 Siswa di Sukoharjo Pilih Mundur

Pengumuman hasil UN, sebanyak 24 siswa memilih mundur dan tidak mengikuti UN demi ikut orang tua merantau.

Solopos.com, SUKOHARJO–Sebanyak 24 siswa jenjang SMP memilih mengundurkan diri dan tidak ikut Ujian Nasional (UN) karena mengikuti orang tua merantau.

“Laporan masing-masing sekolah tingkat kelulusan tahun ini 100% seperti tahun lalu. Kami berharap semua lulusan SMP Sukoharjo melanjutkan sekolah ke jenjang SMA, ujar Kepala Disdik Sukoharjo, Bambang Sutrisno melalui Kabid SMP/SMA dan SMK Disdik Sukoharjo, Dwi Atmojo Heri ditemui Solopos.com, disela-sela menunggu input data tingkat kelulusan masing-masing sekolah di kantornya, Sabtu (11/6/2016).

Dijelaskan Dwi Atmojo, pihak sekolah telah berupaya maksimal membujuk dan melakukan home visit ke rumah siswa tetapi hasilnya nihil. “Pelajar yang mengundurkan diri memilih mengikuti orangtua merantau sehingga saat didatangi di rumah sudah tak ada. Pengalaman tahun lalu dari informasi tetangga siswa, di perantauan siswa tersebut tetap meneruskan sekolah dengan cara mengulang atau mengikuti Kejar Paket B.”

Lebih lanjut dijelaskan oleh Heri, di jenjang SMA juga ada seorang pelajar yang tak ikut UN tahun ini karena ingin fokus bekerja.

Sebelumnya, sebanyak 64 siswa mendapatkan nilai 100 di tiga mata pelajaran Ujian Nasional (Mapel UN) yakni Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Ke-64 itu terbagi atas 56 pelajar mendapatkan nilai 100 di Mapel Matematika dan masing-masing empat pelajar di Mapel IPA dan Bahasa Inggris. Menurut Heri, jumlah pelajar yang mendapatkan nilai 100 turun dibanding tahun lalu sejumlah 68 pelajar.

Menurutnya, pelajar peraih nilai 100 tersebar di beberapa SMP dan MTs tetapi tahun ini didominasi oleh pelajar SMPN 1 Kartasura dan SMPN 1 Sukoharjo.
“Sebanyak 15 pelajar SMPN 1 Kartasura meraih nilai 100 di Mapel Matematika dan sebanyak 14 pelajar SMPN 1 Sukoharjo meraih nilai 100 di tiga Mapel, yakni masing-masing dua pelajar di Mapel Bahasa Inggris dan IPA serta 10 pelajar di Mapel Matematika. Peraih nilai 100 yang lain tersebar di 13 sekolah SMP dan MTs di Sukoharjo.”

Peserta UN tahun ini diikuti sebanyak 12.415 siswa terbagi atas 10.031 pelajar SMP Negeri dan SMP Swasta, sejumlah 2.375 pelajar MTs Negeri dan MTs Swasta dan sebanyak 9 pelajar SMP Luar Biasa (LB).

lowongan pekerjaan
PT. BPR Mitra Banaran Mandiri, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pilkada, Demokrasi, dan Hantu Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (17/01/2018) dengan judul Demokrasi Kita dan Hantu Politik. Esai ini karya Muhammad Fahmi, dosen di IAIN Surakarta dan Doktor Kajian Budaya dan Media. Alamat e-mail penulis adalah fahmielhalimy@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Tahun 2018 sering dijuluki…