Jogja
Minggu, 12 Juni 2016 - 11:09 WIB

HASIL UJIAN NASIONAL : Dua SMP di Bantul Masuk 10 Besar DIY

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Hasil Ujian Nasional dua sekolah di Bantul berhasil masuk 10 besar di tingkat DIY

Harianjogja.com, BANTUL- Dua SMP di Bantul menorehkan prestasi masuk sepuluh besar sekolah dengan rata-rata nilai Ujian Nasional (UN) tertinggi 2016. Nilai UN menjadi penentu untuk melanjutkan ke sekolah favorit di tingkat SMA.

Advertisement

Tahun ini, dua sekolah di Bantul yaitu SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 1 Bantul masuk dalam sepuluh besar SMP di DIY dengan nilai rata-rata UN tertinggi. SMP Negeri 2 Bantul menempati peringkat ketiga se-DIY dengan nilai rata-rata UN sebesar 361,90.

Salah seorang siswa sekolah ini bernama Ari Camila Puspa Devi juga meraih peringkat keempat se-DIY siswa dengan nilai UN SMP tertinggi sebesar 392,0. Sedangkan SMP N 1 Bantul bertengger di peringkat kesepuluh sekolah dengan nilai rata-rata UN tertinggi di DIY dengan nilai sebesar 342,96.

Perolehan nilai UN itu diumumkan ke peserta didik bersamaan dengan pengumuman kelulusan siswa yang digelar serentak di seluruh sekolah di Bantul, pada Sabtu (11/6/2016).

Advertisement

Sekretaris Daerah Dinas Pendidikan Dasar (Dikdas) Bantul Daeng Daeda mengatakan, banyak faktor menyebabkan tingginya nilai rata-rata UN di sekolah berprestasi itu.

Pertama kaena proses belajar yang efektif di sekolah tersebut hingga kelengkapan fasilitas. “Tahun ini tidak cuma satu sekolah yang masuk dalam sepuluh besar nilai rata-rata UN tertinggi,” terang Daeng Daeda, Sabtu.

Tahun lalu, tercatat hanya satu SMP di Bantul yang masuk sepuluh besar nilai rata-rata UN yaitu SMP Negeri 2. Pada 2015, SMP N 2 Bantul bertengger di peringkat kelima, nilai rata-rata UN tertinggi di DIY.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif