News
Sabtu, 11 Juni 2016 - 20:36 WIB

PENGUMUMAN KELULUSAN SMP : Selamat! 100% Siswa SMP di Solo Lulus

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mendikbud RI Anies Baswedan saat memantau UN Berbasis Komputer di SMP N 1 Kalasan, Sleman, Kamis (12/5/2016). (Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)

Hasil UN SMP diumumkan bebarengan dengan pengumuman kelulusan SMP.

Solopos.com, SOLO — Tingkat kelulusan siswa Kelas IX sekolah menengah pertama (SMP) sederajat di Kota Solo Tahun Ajaran 2015/2016 mencapai 100 persen. Sementara pengumuman kelulusan di sejumlah SMP, Sabtu (11/6/2016), diwarnai penyelenggaraan acara pelepasan siswa hingga buka puasa bersama.

Advertisement

Dimintai konfirmasi, Sabtu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Etty Retnowati, membenarkan persentase kelulusan siswa SMP di Solo tahun ini yang mencapai 100 persen.

“Menurut data yang kami terima dari sekolah-sekolah, tingkat kelulusan siswa SMP tahun ini 100 persen,” ujar Etty melalui ponselnya.

Senada disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) SMP Disdikpora Solo, Bambang Wahyono. Dia menjelaskan, kewenangan menentukan kelulusan siswa ada di masing-masing sekolah. “Untuk kelulusan siswa tersebut dengan melihat nilai ujian sekolah dan nilai UN,” terang Bambang.

Advertisement

Disdikpora mencatat sepuluh besar SMP peraih nilai rata-rata UN tertinggi baik negeri maupun swasta, yaitu SMP Negeri (SMPN) 1 di peringkat pertama, disusul SMP Muhamadiyah Program Khusus (PK), SMPN 4, SMPIT Nur Hidayah, SMP Kristen Kalam Kudus, SMP Bintang Laut, SMP Focus Independent School, SMPN 3, SMPN 9, dan SMP Pelita Nusantara Kasih.

Sementara Kasi Kurikulum Bidang Dikdas SMP Disdikpora Solo, Waliyono menyebutkan, jumlah siswa yang meraih nilai 100, baik SMP maupun MTs, untuk Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia sebanyak 6 siswa, untuk Mapel Bahasa Inggris sebanyak 29 siswa, Mapel Matematika 90 siswa, untuk Mapel IPA 22 siswa.

Pantauan Solopos.com di sejumlah SMP, surat kelulusan siswa diserahkan kepada orang tua oleh sekolah rata-rata mulai pukul 15.00 WIB. Di SMP Muhammadiyah PK, pengumuman dilaksanakan setelah Salat Ashar kemudian diadakan serangkaian acara sarasehan dan pemberian apresiasi kepada peraih prestasi terbaik di sekolah hingga buka puasa bersama.

Advertisement

“Kegiatan ini untuk mengaktualisasikan rasa syukur atas hasil yang diperoleh. SMP Muhamadiyah PK Surakarta tahun ini mempertahankan posisinya pada urutan kedua sebagai peraih nilai rata-rata UN tertinggi se-Kota Solo,” ungkap Kepala SMP Muhammadiyah PK, Muhdiyatmoko.

Sementara itu, SMP Muhammadiyah 8 Solo juga menggelar acara Akhirussanah dan Wisuda Siswa Kelas IX di Gedung Purwohamijayan untuk melepas 70 siswa sekolah tersebut.

“Acara diisi antara lain dengan gelar potensi siswa dan pemberian apresiasi kepada siswa berprestasi di SMP Muhammadiyah 8,” ungkap Kepala SMP Muhammadiyah 8, Rusmanto.

Terpisah di SMP Kanisius 1, pengumuman kelulusan dikemas dengan Pelepasan Siswa Kelas IX yang diisi dengan pelaksanaan misa syukur kelulusan, serta pentas seni berupa nyanyian dan tarian.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif