Sport
Jumat, 10 Juni 2016 - 05:00 WIB

KARIER PELATIH : Ini Sosok Pengganti Conte di Timnas Italia

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gian Piero Ventura (Twitter)

Karier pelatih Giampiero Ventura yang akan menangani Timnas Italia.

Solopos.com, ROMA — Teka-teki Pelatih Italia sepeninggal Antonio Conte akhirnya terjawab. Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) mengumumkan Giampiero Ventura akan menjadi pelatih timnas seusai Piala Eropa 2016.

Advertisement

Conte pada Maret 2016 lalu mengumumkan akan pensiun dari Azzurri, julukan Italia, ketika 2016 berakhir. Eks Pelatih Juventus itu kini telah menyepakati kontrak tiga tahun sebagai Manajer Chelsea.

Beberapa waktu berselang, Italia mengumumkan Ventura akan menjadi nakhoda baru timnas seusai penyelenggaraan Euro. Ventura memulai karier sebagai pelatih tim junior Sampdoria pada 1976. Sampai saat ini dia total telah menukangi 17 tim berbeda di Negeri Pizza, termasuk Napoli, Udinese, dan Torino.

Pelatih 68 tahun itu terakhir menukangi Torino sejak Juli 2011 dan baru memutuskan hengkang pada Mei 2016 lalu atau setelah lima tahun pengabdian di Turin. Beredar rumor Ventura sengaja meninggalkan Torino demi mengambil alih peran pelatih timnas dari Conte.

Advertisement

Spekulasi itu dikonfirmasi federasi sepak bola Italia melalui akun Twitter resmi timnas, @azzurri. “Resmi. Giampiero Ventura akan menjadi pelatih Italia berikutnya,” demikian pernyataan resmi FIGC, dikutip dari Dailymail.co.uk, Rabu (8/6/2016).

Ventura akan menjadi Pelatih Italia kelima sejak mereka menjuarai Piala Dunia 2006 bersama Marcelo Lippi. Azzurri akan memulai perjuangan menuju Piala Dunia 2018 Rusia dengan lawatan ke Israel, September 2016.

Di Piala Eropa 2016, Italia tergabung dengan Belgia, Swedia, dan Republik Irlandia di babak penyisihan Grup E. Azzurri akan melakoni partai pembuka melawan Belgia di Parc Olympique Lyonnais, Decines-Charpieu, Prancis, Selasa (14/6/2016). Conte diharapkann bisa membawa finalis Euro 2012 itu melaju mulus ke babak 16 besar dan melangkah jauh di Prancis sebelum mengabdi untuk Chelsea mulai musim depan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif