Pialaeropa
Kamis, 9 Juni 2016 - 07:00 WIB

PIALA EROPA 2016 : Spanyol di Antara Casillas dan De Gea

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - David de Gea (kiri) bersama rekannya di Timnas Spanyol Iker Casillas sedang menjalani latihan di Las Rozas, dekat Madrid. JIBI/Reuters/Susana Vera

Piala Eropa 2016 diwarnai dengan Timnas Spanyol yang belum menentukan kiper utamanya.

Solopos.com, MADRID — Spanyol akan membawa dua kiper tangguh ke putaran final Euro 2016 Prancis, yaitu Iker Casillas dan David De Gea. Selain itu terdapat kiper ketiga, Sergio Rico.Tetapi, belum ada kepastian siapa yang akan menjadi kiper utama Spanyol di Prancis.

Advertisement

Sejauh ini, Casillas selalu menjadi nomor satu di bawah mistar gawang Spanyol namun situasi bisa berubah di ajang Euro 2016. Kiper 35 tahun tersebut telah menjadi pilihan pertama La Furia Roja, julukan Spanyol, sejak Piala Dunia 2002 dan terus bertahan sampai saat ini. Casillas pun telah banyak berjasa dengan mempersembahkan berbagai gelar bergengsi untuk tim.

Eks penjaga gawang Real Madrid itu menjadi bagian penting tim ketika menjuarai Euro 2008 dan Euro 2012. Selain itu Casillas menjadi sosok  yang membantu La Furia Roja memenangi trofi Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Tetapi, kiprah kurang menggigit di level klub membuat kiper bersangkutan diragukan menjadi pilihan pertama di Prancis.

Casillas sendiri mengaku tak tahu menahu perihal nasibnya. Terlepas dari faktor pengalaman kiper veteran Spanyol  itu mengungkapkan tak ada jaminan dirinya yang akan bermain.

Advertisement

“Saya tidak tahu.  Saya tak memiliki ide [siapa kiper nomor satu]. Semua yang ada di tim ini tentu yakin dan percaya bisa bermain. Ada 23 pemain yang berperan penting di level klub dan saya melihat semua pemain di sini bisa membantu pelatih. Keputusan [siapa yang bermain] dia yang menentukan,” kata Casillas dilansir Soccerway.com, Selasa (7/6/2016).

Pelatih Spanyol Vicente del Bosque pun memilih menyimpan rapat-rapat siapa kiper utama di Euro 2016. Padahal Spanyol sudah akan melakoni partai pembuka penyisihan Grup D melawan Republik Cheska, Senin (13/6/2016).

“Mungkin saja De Gea yang bermain. Casillas bermain dalam pertandingan [uji coba] melawan Korea Selatan] dan hanya itu yang bisa kami katakan,” kata Del Bosque.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif