Jogja
Kamis, 9 Juni 2016 - 11:56 WIB

OPERASI PASAR : Daging Sapi Murah Mulai Diedarkan di Pasar Beringharjo, Rp95.000 Per Kg

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi daging sapi (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Operasi pasar digelar ntuk komoditas daging sapi di Pasar Beringharjo

Harianjogja.com, JOGJA–Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DIY melalui Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divre DIY menggelar operasi pasar daging sapi segar dengan harga Rp95.000 per kg di Pasar Beringharjo, Jogja, Kamis (9/6/2016).

Advertisement

Walikota Jogja Haryadi Suyuti mengatakan upaya ini dilakukan untuk mengendalikan harga daging sapi di pasaran. Semula, daging sapi yang akan digunakan adalah daging beku, tetapi diurungkan dan diganti menjadi daging segar.

“Hal itu dilakukan karena masyarakat DIY lebih menyukai daging segar dibandingkan daging beku,” kata dia kepada wartawan di Pasar Beringharjo, Jogja, Kamis (9/6/2016).

Ia meminta masyarakat tidak berlebihan dalam menanggapi kebiasaan kenaikan harga selama Ramadhan dan Lebaran. Konsumsi rumah tangga diharapkan tidak berlebihan dan nasyarakat diimbau untuk menahan konsumsinya.

Advertisement

Kepala Perum Bulog Divre DIY M Sugit Tedjo Mulyono mengatakan, harga bisa ditekan menjadi Rp95.000 per kg karena Bulog bisa memotong tiga mata rantai. Biasanya, sebelum sampai ke konsumen ada tiga mata rantai dari petani ke Rumah Pemotongan Hewan (RPH), kemudian ke pedagang. “Kalau kami langsung sehingga harga bisa ditekan,” kata dia.

Sugit mengatakan, daging yang dijual tidak daging super tetapi masih ada campuran lemak sehingga harga bisa lebih murah. Pada operasi pasar daging sapi perdana ini, ia mengalokasikan 297 kg atau satu ekor sapi. Rencananya, operasi pasar daging sapi akan digelar hingga Lebaran dengan menyediakan 60 ekor sapi. Saat ini, TPID DIY sudah memiliki 15 ekor sapi. Sapi itu didapat dari petani di DIY.

“Saya maklum kalau di dalam pasar harga masih tinggi karena rantai distribusinya panjang dan mereka harus bayar kios. Kalau kami kan dipinjami,” kata dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif