Teknologi
Kamis, 9 Juni 2016 - 15:11 WIB

KASUS PENIPUAN ONLINE : Berakhir Konyol, Foto Kiriman Akun Tipu-Tipu Ini Diluar Dugaan

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto akun tipu-tipu di Facebook. (Istimewa/Facebook)

Kasus penipuan online ini berakhir dengan konyol.

Solopos.com, SOLO – Sebuah kasus penipuan konyol menjadi cerita lucu yang sedang ramai dibicarakan di media sosial. Penipuan ini berawal dari iklan di Facebook tentang kamera Canon EOS 700D.

Advertisement

Dikisahkan akun di forum Internet Kaskus, kasus ini bermula dari iklan yang dipajang akun Marlina Putri Ayu. Akun yang memakai foto gadis cantik berjilbab ini memajang gambar kamera Canon EOS700D lengkap dengan lensa dan perlengkapan fotografi lain.

Dalam foto terlihat set kamera DSLR, kardus, tas, dan sebuah tripod yang difoto di karpet. Dalam keterangannya, akun ini menjual kamera DSLR dengan pemakaian 4 bulan lebih.

Advertisement

Dalam foto terlihat set kamera DSLR, kardus, tas, dan sebuah tripod yang difoto di karpet. Dalam keterangannya, akun ini menjual kamera DSLR dengan pemakaian 4 bulan lebih.

Akun ini juga memajang pin BBM atas nama Rismayanti yang diakui sebagai sepupunya. Iklan itu bahkan memuat peringatan bahwa barang tidak bisa ditukar tambah lantaran butuh uang.

Tak berselang lama, seorang pengguna BBM menghubungi Rismayanti. Akun ini membuat serangkaian transaksi yang cukup menggelitik dan mengunggak percakapan transaksi itu di forum Internet.

Advertisement

Penanya lantas meminta bukti kondisi barang. Anehnya, Rismayanti mengunggah foto beserta struk pembayaran dan garansi yang menunjukkan merek kamera Canon EOS 550D.

Dari sini penanya rupanya mulai curiga. Penanya terus meminta bukti yang pasti lantaran Rismayanti tampak semakin mencurigakan. Di tengah percakapan Rismayanti menegaskan barang itu dijual sangat murah, Rp3 juta.

Seolah ingin memberi bukti, Rismayanti lantas mengunggah kartu tanda penduduk (KTP) dengan foto seorang wanita berjilbab.

Advertisement

Detik-detik kekonyolan akun yang diduga kuat menipu ini mulai terasa saat dirinya tak mampu memfoto KTP yang disandingkan dengan kamera. Rismayanti berdalih kamera tidak sedang berada di tempatnya dan berjanji akan memotret perangkat kamera itu disandingkan dengan KTP.

Lantas hal konyol pun terjadi. Rismayanti mengunggah sebuah gambar yang memperlihatkan satu set kamera dengan perlengkapannya dengan disandingkan dengan KTP. Konyolnya, KTP itu disandingkan dengan cara ditempelkan di gambar set kamera menggunakan aplikasi edit gambar Photoshop.

Foto yang dikirimkan Rismayanti. (Istimewa)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif