Ciri-ciri keaslian petugas Sensus Ekonomi 2016. (Facebook.com-MIK Semar) Ciri-ciri keaslian petugas Sensus Ekonomi 2016. (Facebook.com-MIK Semar)
Rabu, 8 Juni 2016 21:35 WIB Ponco Suseno/JIBI/Solopos Klaten Share :

SENSUS EKONOMI 2016
BPS Klaten Segera Lunasi Honor Mitra Sensus Rp5,1 Miliar

Sensus Ekonomi 2016, mitra sensus di Klaten mencapai 1.730 orang.

Solopos.com, KLATEN–Badan Pusat Statistik (BPS) Klaten segera melunasi honor mitra sensus ekonomi kurang lebih Rp5,1 miliar pertengahan Juni. Total mitra sensus ekonomi di Kabupaten Bersinar mencapai 1.730 orang.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, mitra sensus BPS terdiri atas 1.247 petugas pencacah lapangan dan 483 petugas pemeriksa lapangan. Mitra sensus ekonomi tersebut bekerja selama 1 Mei-31 Mei 2016. Honor yang diperoleh masing-masing petugas pencacah senilai Rp2,8 juta. Sedangkan, rata-rata honor setiap petugas pemeriksa atau pengawas senilai Rp3,2 juta.

“Di pekan pertama Mei 2016, kami sudah memberikan honor masing-masing Rp400.000 per mitra sensus ekonomi [total uang muka yang dibayarkan BPS ke mitra sensus senilai Rp692 juta]. Total honor yang harus diserahkan Rp5,1 miliar. Sedangkan, kekurangannya senilai Rp4,4 miliar. Kekurangannya itu segera cair dalam waktu dekat. Paling tidak sebelum Lebaran atau paling lambat akhir Juni,” kata Kepala BPS Klaten, Ahmad Isbani, saat ditemui wartawan di kantornya, Rabu (8/6/2016).

Ahmad Isbani mengatakan pencairan honor mitra sensus itu dilakukan melalui kantor pos. Pencairan melalui kantor pos dinilai dapat mempermudah pengambilan honor di masing-masing daerah.

“Kalau pencairannya di sini secara konvensional, otomatis akan ramai. Di samping itu berpotensi tidak aman. Makanya, perlu menggandeng kantor pos,” katanya.

Disinggung tentang hasil sensus ekonomi Mei 2016, Ahmad Isbani, mengatakan masih dalam pengolahan data. Nantinya, data hasil sensus ekonomi yang terdiri atas 3.140 blok sensus di Klaten bakal dilaporkan ke BPS provinsi dan BPS pusat.

“Setelah dicek, data dilaporkan secara linier. Saat ini, belum bisa dibuka hasil sensusnya. Kalau semua data sudah diolah, hasil sensus ini bisa dibuka untuk umum. Pemerintah atau masyarakat umum bisa mengakses data itu sebagai petunjuk di bidang ekonomi. Hal itu termasuk usaha online di Klaten,” katanya.

Sebelumnya, Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Setda Klaten, Purwanto Anggono Cipto, mendukung penuh pelaksanaan Sensus Ekonomi 2016. Hasil sensus sangat diharapkan guna pengembangan pembangunan di Kabupaten Bersinar.

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTURINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…