News
Rabu, 8 Juni 2016 - 12:00 WIB

Muhammad Ali akan Diabadikan Jadi Nama Jalan di New York

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Muhammad Ali saat berlatih untuk pertarungan keduanya melawan Leon Spinks di New Orleans, August 1978 lalu. (Istimewa/Action Images/MSI/Reuters)

Petinju legendaris dunia, Muhammad Ali yang baru saja meninggal dunia akan diabadikan menjadi nama jalan di New York.

Solopos.com, NEW YORK – New York City pada Selasa (7/6/2016) menamai kembali satu jalan di luar Madison Square Garden dengan nama “Muhammad Ali Way” untuk menghormati legenda tinju yang menjuarai serangkaian pertandingan itu.

Advertisement

Wali Kota Bill de Blasio mengumumkan penamaan sementara West 33rd Street di dekat arena Madison Square Garden yang menjadi salah satu tempat pertarungan terbaik Ali di pusat hiburan Amerika tersebut.

“Hari ini kami memberikan penghormatan kepada pria di jantung kota ini. Dia berhak mendapat penghormatan ini dan lebih banyak lagi,” kata de Blasio.

Ali, yang prestasi tinju dan kegiatan hak sipilnya menjadikannya salah satu tokoh paling tak terlupakan di abad ke-20, meninggal dunia pada usia 74 tahun pekan lalu, setelah satu dekade lebih berjuang melawan penyakit Parkinson.

Advertisement

Ali bertanding di Madison Square Garden delapan kali, termasuk saat “Pertarungan Abad Ini” pada 1979 melawan Joe Frazier.

Jalanan di New York bisa dinamai kembali secara permanen jika legislasinya disahkan oleh dewan kota dan ditandatangani oleh wali kota.

Sejauh ini tidak ada rencana menjadikan perubahan nama Muhammad Ali Way permanen, yang pertama akan membutuhkan anggota dewan kota memberlakukan undang-undang baru.

Advertisement

Kota itu telah secara permanen menamai jalan-jalan di sekeliling Madison Square Garden dengan “Joe Louis Plaza” pada 1984 untuk menghormati juara dunia kelas berat yang hidup antara 1914 sampai 1981.

Wali Kota de Blasio seperti dikutip kantor berita sebuah kantor berita mengatakan, penamaan sementara atau permanen untuk menghormati Ali tidak akan mempengaruhi Joe Louis Plaza.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif