Jogja
Rabu, 8 Juni 2016 - 20:07 WIB

GELOMBANG TINGGI PANTAI SELATAN : Ombak 5 Meter "Mengamuk" di Gunungkidul, Ini Kerusakan yang Ditimbulkan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Potongan video ombak di Pantai Sadranan, yang diunggah oleh akun Ba Be di grup facebook "info cegatan jogja". (Istimewa)

Gelombang Tinggi Pantai Selatan menyapu area pesisir Gunungkidul.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Gelombang pasang menghantam kawasan pesisir pantai selatan pada Rabu siang (8/6/2016). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun puluhan gazebo dan lapak milik warga yang berada di pinggir pantai rusak parah karena tersapu ombak.

Advertisement

(Baca Juga : GELOMBANG TINGGI PANTAI SELATAN: Seluruh Pantai di Gunungkidul Porak Poranda)

Ombak mencapai ketinggian 19 feet yakni antara 5 hingga 5,5 meter. Berdasarkan pantauan, gelombang pasang tersebut merusak fasilitas pantai. Pantai Sumandeng sebanyak 25 gazebo ambruk, 12 terbawa arus keselatan. Pantai Gesing talut jalan masuk ambrol dan parkiran tergerus air laut. Sedangkan untuk pantai Sepanjang, 80 persen Gazebo rusak, begitu pula di Pantai Drini dan Sundak banyak gazebo ambruk.

Saat ditemui Rabu (8/6/2016) siang, Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Pantai Baron, Surisdiyanto mengungkapkan gelombang tinggi diprediksi terjadi hingga Rabu (8/6/2016) pukul 12.00 WIB. Pihaknya pun mengerahkan seluruh TIM SAR sejumlah 55 orang untuk berjaga di setiap titik pantai yang  didapati mendapatkan terjangan ombak hebat.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif