News
Selasa, 7 Juni 2016 - 06:20 WIB

KISAH UNIK : Bayi Kembar Dampit India Berbagi Seluruh Organ Tubuh

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bayi kembar dampit yang lahir di India (Caters News Agency)

Kisah unik mengenai bayi laki-laki dan perempuan yang lahir di sebuah klinik swasta di India Timur, Rabu (1/6/2016).

Harianjogja.com, INDIA — Seorang ibu India melahirkan bayi kembar dampit yang memiliki dua pasang tangan tetapi berbagi sepasang kaki. Bayi laki-laki dan perempuan ini berbagi seluruh organ tubuh.

Advertisement

Dikutip dari Dailymail, Jumat (3/6/2016), ibu Shivrajo Devi, 24, melahirkan di sebuah klinik bersalin di Desa Buxar, Bihar, Timur India, pada Rabu malam. Setelah dilahirkan, kondisi kesehatan mereka mulai menurun. Keduanya langsung dipindahkan ke Rumah Sakit Sadar di kota terdekat yang memiliki fasilitas intensive care unit neo-natal.

Dokter anak di Rumah Sakit Sadar, Raj Kumar Gupta berkata,”Tubuh mereka bergabung di bagian pinggang dan hanya satu genital yang terlihat, yakni bayi perempuan. Meski genital kedua tak berkembang, dari wajahnya kami menduga bayi ini laki-laki. Hal ini yang membuat kasus bayi dampit tersebut langka, lantaran bayi kembar dampit biasanya memiliki jenis kelamin yang sama.”

Saat kondisi mereka stabil, dokter akan mengirim kembar ke rumah sakit yang lebih besar. Sekitar tig jam dari rumah sakit saat ini. Namun orang tua tersebut kini diminta segera membawa anaknya untuk mendapat perawatan lebih lanjut ke Delhi. Namun karena keberatan melakukan perjalanan jauh dan biaya perawatan yang mahal, keduanya dipaksa untuk mengambil keputusan sederhana, membawa bayi pulang.

Advertisement

Ibu kembar tersebut mengaku tak mengetahui tengah hamil dampit walau telah melakukan pemeriksaan menyeluruh, termasuk ultrasounnd (USG).

“Saya tidak percaya anak saya kembar dampit. Hati saya sangat hancur dan berharap dokter dapat menyelamatkan hidup mereka, tetapi dokter justru memilih menghindar, saya tidak tahu apa yang akan terjadi pada mereka. Dokter mengatakan bayi-bayi ini harus berada di sebuah bok kaca dan dirawat di kota besar seperti Delhi,” kata Shvrajo yang sebelumnya telah memiliki dua anak, satu anak laki-laki berusia empat tahun dan putri berusia dua tahun.

Ayah kembar, Chhota Singh, 30, merupakan buruh pabrik yang memiliki pendapatan £60 per bulan. Sukacita karena kelahiran anak kembar itu kini berubah menjadi rasa putus asa. Dia juga mengaku terkejut dengan sikap rumah sakit.

Advertisement

“Saya telah memeriksakan istri secara teratur selama kehamilan. Kami merasa bahagia saat mengetahui bayi kami kembar, tetapi semua berubah. Saya baru saja mendengar kondisi bayi. Setelah dokter di Rumah Sakit Sadar meminta kami pergi ke rumah sakit lain, saya meminjam uang untuk membawa mereka ke sana tapi kemudian saya mendengar tak ada lagi perawatan yang dapat dilakukan,” paparnya.

Ravi Kumar Gupta, dokter spesialis anak di Rumah Sakit Sadar menjelaskan,” Bayi-bayi itu mengalami kasus dampit yang langka. Mereka dapat berkembang tetapi bagian perut ke bawah menyatu. Mereka memiliki empat tangan tetapi harus berbagi dua kaki. Mereka saling bergantung satu sama lain dan memiliki satu organ tubuh yang vital. Kondisi mereka stabil tetapi mereka membutuhkan perawatan dan kami merekomendasikan rumah sakit yang lebih besar. Mereka adalah keajaiab dan dilahirkan wajah yang sangat cantik, tetapi bayi yang dilahirkan dengan kondisi seperti ini selalu memiliki harapan yang tipis, kami tak dapat memastikan angka harapan hidup mereka,” papar dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif