Jogja
Senin, 6 Juni 2016 - 01:22 WIB

TIPS KESEHATAN : Donor Ginjal dari Jenazah Dapat Dilakukan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ginjal (Dokumentasi)

Tips kesehatan untuk pasien gagal ginjal.

Harianjogja.com, SLEMAN — Tips kesehatan berikut mengenai cangkok ginjal. Proses ini dapat dilakukan oleh orang hidup atau jenazah kepada pasien gagal ginjang.

Advertisement

Dokter spesialis penyakit dalam  Bambang Jarwoto pada Sabtu (4/6/2016) menuturkan ide awal pencangkokan organ sudah dilakukan sejak 2000 sebelum masehi, baru pada 1897 seorang ilmuwan Amerika Serikat berhasil menyambung pembuluh darah. Itulah yang menjadi titik awal pencangkokan ginjal yang ada di dunia.

Namun menurut dia, Indonesia masih tertinggal dengan negara-negara Eropa dan Amerika Serikat soal transplantasi ginjal. Di Amerika dan Eropa, donor ginjal dari jenazah atau cadaver sudah banyak dilakukan, di Indonesia sendiri belum pernah ada yang mencobanya, melainkan masih mengandalkan donor dari orang yang masih hidup (living donor).

“Ketika ada korban kecelakaan misalnya, yang sudah mati adalah batang otaknya, namun organ yang lainnya seperti ginjal masih berfungsi dalam 48 jam,” tambahnya, dalam seminar Transplantasi Ginjal Dalam Pandangan Medis dan Syariah, di ruang kuliah lantai tiga, Gedung Osce Center PKU Gamping.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif