Soloraya
Senin, 6 Juni 2016 - 18:20 WIB

BENCANA SUKOHARJO : Pohon Tumbang Rusak SDN Kenep 03

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tim gabungan memotong batang pohon yang tumbang menggunakan mesin gergaji di Kelurahan Kenep, Kecamatan Sukoharjo, Senin (6/6/2016). Pohon tumbang menimpa bangunan Sekolah Dasar (SD) dan menutup akses jalan perkampungan. (JIBI/Solopos/Istimewa)

Bencana Sukoharjo, angin kencang menyebabkan bangunan SDN Kenep 03 rusak tertimpa pohon.

Solopos.com, SUKOHARJO–Bangunan SDN Kenep 03 di Kampung Jetis, Kelurahan Kenep, Kecamatan Sukoharjo, rusak akibat tertimpa pohon tumbang, Senin (6/6/2016) sekitar pukul 16.00 WIB. Selain bangunan sekolah, sedikitnya empat pohon besar tumbang menutup akses jalan perkampungan menuju permukiman penduduk.

Advertisement

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Senin, hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang mengguyur wilayah Kota Sukoharjo. Saking derasnya, hujan disertai angin kencang mengakibatkan sedikitnya empat pohon besar tumbang dan menimpa bangunan SDN Kenep 03. Selain merusak bangunan sekolah, pohon besar yang tumbang itu melintang di jalan perkampungan. Tak ayal, akses jalan menuju permukiman penduduk tertutup total.

Tim gabungan dari sukarelawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo, SAR Sukoharjo, dan Palang Merah Indonesia (PMI) Sukoharjo langsung mendatangi lokasi kejadian. Mereka langsung memotong batang pohon yang melintang di jalan perkampunggan menggunakan gergaji bermesin.

Kepala Markas PMI Sukoharjo, Ismoyo Sidik, mengatakan ada empat pohon besar yang tumbang akibat terjangan angin kencang. Pohon besar yang tumbang itu menimpa bangunan SD dan menutup akses jalan perkampungan. “Tidak ada korban jiwa hanya atap bangunan SD rusak dan akses menuju permukiman penduduk tertutup total lantaran pohon tumbang melintang di jalan,” kata dia, saat dihubungi Solopos.com, Senin (6/6/2016).

Advertisement

Saat kejadian, tidak ada masyarakat setempat yang berada di sekitar lokasi kejadian. Kala itu, hujan lebat disertai angin kencang mengguyur wilayah Kota Sukoharjo selama sekitar satu jam. Masyarakat memilih berdiam diri di dalam rumah sambil menunggu hujan reda.

Kejadian itu kali pertama diketahui warga setempat yang hendak bepergian sesaat setelah hujan reda. Sebagian warga langsung melaporkan kejadian itu ke Pemerintah Kelurahan Kenep yang diteruskan ke BPBD Sukoharjo.

“Rata-rata pohon yang tumbang berusia tua. Batang pohon yang melintang di jalan cukup besar jadi proses evakuasi membutuhkan waktu cukup lama,” papar Ismoyo.

Advertisement

Di sisi lain, Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan dan Logistik BPBD Sukoharjo, Margono, mengungkapkan angin lisus juga mengakibatkan sejumlah pohon dan baliho di wilayah Kelurahan Bulakrejo, Kecamatan Sukoharjo. Tim gabungan telah memotong batang pohon yang tumbang dan menyingkirkan baliho yang jatuh saat terjadi hujan lebat disertai angin kencang.

“Ada pohon tumbang dan baliho yang jatuh di sekitar Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Bulakrejo. Batang pohon yang tumbang sudah dipotong oleh tim gabungan,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif