Jogja
Minggu, 5 Juni 2016 - 21:19 WIB

WISATA KULONPROGO : Gunung Agung Dirancang Jadi Destinasi Baru Menoreh

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wisatawan menikmati pemandangan dari Puncak Suroloyo Pegunungan Menoreh Kulonprogo. (JIBI/Harian Jogja/Nina Atmasari)

Wisata Kulonprogo beragam dengan adanya Gunung Agung.

Harianjogja.com, KULONPROGO — Objek wisata Gunung Agung, Kokap, Kulonprogo akan dikembangkan menjadi salah satu objek wisata di kawasan Menoreh. Meski demikian, rencana ini masih membutuhkan dana yang besar terkait dengan kondisi jalan yang masih banyak berlubang.

Advertisement

Pemkab Kulonprogo bersiap mengembangkan pengelolaan objek wisata dan infrastrukturnya antara lain di Kali Biru, Watu Tekek, Goa Seriti, dan sejumlah lokasi lainnya. Selain itu, Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo mengatakan bahwa Gunung Agung yang terletak di Dusun Kalirejo, Kokap ini juga pantas dikembangkan menjadi objek wisata batu.

“Bisa dikembangkan jadi objek wisata, apalagi suasananya sejuk,”ujarnya saat Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) yang sekaligus meresmikan objek wisata tersebut di Kokap, Jumat (3/6/2016).

Desa Kalirejo sendiri memiliki luas sekitar 1.295 hektar yang didominasi oleh wilayah perbukitan dengan hamparan pohon dan pegunuangan yang hijau dan asri. Hasto mengatakan daya tarik dapat dimanfaatkan untuk menarik wisatawan dengan menawarkan wisata alam.

Advertisement

Meski demikian, masih diperlukan sejumlah perbaikan bagi sarana dan prasarana jalan menuju lokasi objek wisata tersebut. Aspal jalan tersebut masih banyak yang rusak dan lubang di berbagai sisi. Karena itu, anggaran yang dibutuhkan diperkirakan sangat besar. Adapun, Hasto mengatakan sekitar 20% dari jalan di Desa Kalirejo membutuhkan perbaikan kualitas.

Pada tahun 2017 mendatang, Desa Kalirejo sendiri akan mendapatkan anggaran sekitar Rp2,3miliar yang salah satunya dialokasikan untuk perbaikan jalan dan sarana penunjang objek wisata Gunung Agung tersebut. Karena itu, diharapkan objek wisata tersebut bisa segera menarik kunjungan dari masyarakat luas, khususnya dari luar Kulonprogo.

Kepala Desa Kalirejo, Lana membenarkan kondisi jalan menuju objek wisata tersebut masih menjadi salah satu penghalang bagi pengembangan lebih lanjut.

Advertisement

“Kondisi jalan masih terjal, terlebih lagi yang menghubungkan Gunung Hijau dan Gunung Agung,”jelasnya dalam kesempatan yang sama.

Ia mengatakan pernah mengajukan perbaikan jalan tersebut dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan sebelumnya. Selain persemian objek wisata tersebut, kegiatan BBRM ini juga sekaligus diisi dengan peresmian Rabat Beton di Dusun Tirto dan peresmian Kelompok Ternak Kambing Sederhana di Dusun Tirto. Selain itu, dilakukan pula peletakan batu pertama pembangunan pasar desa dan pelayanan kesehatan di Gunung Ijo dan kantor Desa Kalirejo.

Advertisement
Kata Kunci : Wisata Kulonprogo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif