Jogja
Minggu, 5 Juni 2016 - 17:20 WIB

TIPS KESEHATAN : Pasien Gagal Ginjal Tak Perlu Takut Cangkok Ginjal

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kesehatan ginjal (JIBI/Dok)

Tips kesehatan untuk pasien gagal ginjal.

Harianjogja.com, SLEMAN — Pasien gagal ginjal tidak perlu takut untuk menjalani pengobatan dengan cara transplantasi atau cangkok ginjal. Cara tersebut dapat menjadi salah satu jalan menemukan kesembuhan.

Advertisement

Dokter spesialis penyakit dalam  Bambang Jarwoto pada Sabtu (4/6/2016) menuturkan, selama ajal belum menjemput, seorang penderita gagal ginjal masih memiliki harapan dan kesempatan untuk hidup.

“Kami sering menemui pasien atau keluarga pasien yang sudah putus asa ketika dia divonis gagal ginjal. Karena itulah, kita perlu melakukan sosialisasi transplantasi ginjal ini baik bagi pasien gagal ginjal maupun pendonornya, dan tidak perlu takut untuk melakukannya,” ungkapnya dalam seminar Transplantasi Ginjal Dalam Pandangan Medis dan Syariah, di ruang kuliah lantai tiga, Gedung Osce Center PKU Gamping.

Akan tetapi, menurut Bambang, untuk melakukan transplantasi ginjal tersebut juga harus memperhatikan beberapa hal penting. Di antaranya, pendonor harus dipastikan sehat, tidak memiliki riwayat batu ginjal karena menurun fungsi ginjalnya.

Advertisement

Suksesnya transplantasi ginjal ditandai dengan ureter yang berkontraksi dan menghasilkan urine yang banyak. Namun setelahnya, tetap ada efek samping, misalnya mual atau bahkan mengalami gagal ginjal untuk kedua kalinya. Karena itulah, dokter juga harus selalu berkomunikasi dengan pasien dan keluarga pasien mengenai kemungkinan-kemungkinan terburuknya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif