Sport
Minggu, 5 Juni 2016 - 19:57 WIB

MOTOGP 2016 : Rossi Juara GP Catalunya, Marquez Kedua

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Valentino Rossi (Motogp.com)

Motogp 2016 GP Catalunya berhasil dimenangkan Valentino Rossi.

Solopos.com, BARCELONA – Valentino Rossi berhasil menjuarai Motogp Catalunya 2016. Dia mengalahkan rider Repsol Honda, Marc Marquez, yang berada di posisi kedua.

Advertisement

Dalam balapan di Sirkuit Catalunya, Minggu (5/6/2016) malam WIB, Marc Marquez start di posisi terdepan diikuti oleh Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa. Namun selepas start, Lorenzo justru mampu merebut posisi pertama dari Marquez.

Tak selang lama, Valentino Rossi yang memulai balapan dari posisi kelima mampu menyodok ke posisi ketiga. Di belakangnya terdapat Pedrosa dan rider Suzuki, Maverick Vinales. Pada prosesnya, Pedrosa dan Vinales bersaing ketat.

Pada putaran ketiga, Vinales mampu menyalip Pedrosa. Namun pembalap Repsol Honda itu kembali mampu merebut posisinya dari Vinales. Pertarungan sengit juga terjadi di tiga pembalap terdepan.

Advertisement

Pada putaran kelima, Valentino Rossi berhasil memimpin balapan. The Doctor menyalip Marquez terlebih dulu, sebelum akhirnya melewati Lorenzo. Satu putaran kemudian, Marquez yang berhasil melewati Lorenzo untuk menempati posisi kedua. Bahkan Lorenzo harus terlempar ke posisi keempat setelah disalip Pedrosa di putaran ketujuh.

Pada putaran ke-11, Rossi dan Marquez menjauh dari pembalap lainnya. Pedrosa masih tetap berada di tempat ketiga namun terpaut tiga detik dengan Rossi. Sementara Lorenzo kembali harus disalip pembalpa lainnya. Kali ini Vinales yang menggeser posisi Lorenzo untuk berada di tempat keempat.

Pada putaran ke-17, Lorenzo justru terjatuh dan tak bisa melanjutkan balapan. Ban belakang Lorenzo bersentuhan dengan ban depan Andrea Iannone. Kedua pembalap pun tergelincir ke luar lintasan. Sementara itu, Marquez masih memepet Rossi di posisi terdepan dengan jarak hanya 0,5 detik.

Advertisement

Enam lap terakhir menjadi pertarungan Rossi dan Marquez. Mereka saling menyalip dalam rentan waktu tersebut. Dimulai dari usaha Marquez yang ingin menyalip di beberapa trikungan namun gagal. Pembalap Repsol Honda itu akhirnya bisa menyalip Rossi saat balapan menyisakan tiga putaran.

Namun satu lap kemudian, Rossi kembali mengambil alih posisi pertama. Setelah itu, The Doctor mampu sedikit menjauh dari Marquez yang sedari tadi memepetnya. HIngga garis finis, Rossi tetap menjadi yang terdepan diikuti Mareuqez di posisi kedua. Posisis ketiga ditempati Perdorsa, kemudian Vinales dan Pol Espagaro.

Dengan kemenangan ini, Rossi tetap duduk di posisi ketiga klasemen dengan 103 poin. Sedangkan Marquez yang menjadi runner up di GP Catalunya berhasil menduduki peringkat pertama klasemen dengan nilai 125 poin. Dia menyalip Lorenzo yang harus berada di posisi kedua dengan 115 poin.

Berikut 10 besar Motogp Catalunya 2016:
1. V. Rossi 44:37.589
2. M. Marquez +2.652
3. D. Pedrosa +6.313
4. M. Vinales +24.388
5. P. Espagaro +29.546
6. C. Crutchlow +36.244
7. A. Dovizioso +41.464
8. A. Bautista +42.975
9. D. Petrucci +45.337
10. H. Barbera +46.669

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif