News
Sabtu, 4 Juni 2016 - 22:12 WIB

RAMADAN 2016 : Tertutup, Sidang Isbat Awal Ramadan Digelar Minggu Sore

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga menikmati sunset di Pantai Kartini, Jepara, Rabu (1/7/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Yusuf Nugroho)

Ramadan 2016 akan dimulai awal Juni ini.

Solopos.com, JAKARTA — Penentuan awal Ramadan 2016 akan diputuskan lewat sidang isbat, Minggu (5/6/2016), pukul 17.00 WIB. Seperti tahun-tahun sebelumya, sidang isbat ini akan digelar tertutup.

Advertisement

Sidang itu akan digelar di Gedung Kementerian Agama Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Sidang diawali dengan pemaparan hasil penglihatan posisi hilal dari seluruh wilayah Indonesia dan seluruh dunia.

“Diawali dengan mendengarkan laporan dari sejumlah petugas Kemenag yang ditugaskan di titik-titik tertentu untuk melihat hilal apakah ada yang melihat atau tidak,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di rumah dinasnya, Komplek Widya Chandra, Jakarta, Sabtu (4/6/2016), sebagaimana dilansir Detik.

“Dari situ lalu baru lah para peserta sidang isbat memusyawarahkan dan pada akhirnya memutuskan kapan satu Ramadan,” sambung Lukman.

Advertisement

Lukman menjelaskan, sidang isbat akan dihadiri oleh para ulama, para kiai, perwakilan ormas-ormas Islam dan perwakilan negara-negara sahabat, juga akademisi, para ahli ilmu falaq, astronomi dan lainnya.

“Semua ormas-ormas Islam kita undang seluruhnya,” ujarnya.

Ditambahkan Lukman, ada lebih 30 titik tempat yang akan melihat hilal. Baik di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Advertisement

“Di Jakarta itu di Tanjung Priok biasanya,” kata Lukman.

Menurut perhitungan hisab, Lukman memaparkan, satu Ramadan jatuh pada Senin (6/6/2016). Namun, pemerintah selalu memiliki tradisi bahwa hasil perhitungan hisab harus dikonfirmasi kembali melalui rukyat melihat hilal.

“Supaya kedua metode ini kita lakukan bersama-sama untuk saling melengkapi dan menyempurnakan,” ujar Lukman.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif