Jogja
Sabtu, 4 Juni 2016 - 13:20 WIB

RAMADAN 2016 : Gelombang Laut Diprediksi Landai, Wisatawan Diminta Tetap Waspada

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasan Pantai Sadeng sebelum acara sedekah laut dilaksanakan, Jumat (7/11/2014). Masyarakat terlihat sangat antusias mengikuti acara yang digelar tiap tahun itu. (JIBI/Harian Jogja/David Kurniawan)

Ramadan 2016, masyarakat diperkirakan masih menggelar tradisi padusan di Pantai.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL  – Sedikitnya 85 anggota SAR Satlinmas di Gunungkidul disiagakan untuk menjaga keamanan pantai saat tradisi padusan berlangsung pada Minggu (4/6/2016). Upaya pengamanan terbagi di dua wilayah, yakni wilayah I meliputi pantai Sadeng-Siung sebanyak 30 personel. Sedangkan di wilayah II yang meliputi Pantai Poktunggal-Gesing disiagakan sebanyak 55 personel.

Advertisement

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan SAR Satlinmas Wilayah I untuk mengamankan wilayah pantai, khususnya saat tradisi padusan berlangsung. Seperti pengalaman-pengalaman tahun sebelumnya, saat tradisi jelang puasa ini digelar terdapat lonjakan pengunjung di kawasan pantai.

Dia menjelaskan, untuk pengamanan di wilayah dua, 55 personel yang dimiliki akan diterjunkan saat padusan berlangsung. Rencananya jumlah perseonel yang dimiliki akan dibagi ke 16 titik pantai mulai Poktunggal hingga Gesing. “Pos terbanyak pengamanan ad di Baron dengan 16 perseonel dan di Pantai Indrayanto ada enam anggota,” kata Marjono kepada wartawan, Jumat (3/6).

Dia mengakui, untuk saat ini kondisi laut sedang tak bersahabat. Sebab beberapa minggu ini tinggi ombak yang datang di atas kondisi normal. Berdasarkan prediksi yang diterima SAR Satlinmas, saat padusan besok kondisi laut terhitung landai. Namun hal ini bukan jadi jaminan, karena  gelombang tinggi masih sangat mungkin terjadi sehingga ini jadi ancaman bagi pengunjung jika tidak berhati-hati dan waspada.
“Kewaspadaan ini bukan hanya untuk pengunjung, tapi nelayan dan pedagang di kawasan pesisir,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif