Jogja
Sabtu, 4 Juni 2016 - 15:31 WIB

PENGUMUMAN UN SMP : Maju 2 Hari, Hasil UN Sudah Diserahkan ke Provinsi

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para siswa kelas IX SMP Negeri 1 Galur mengikuti simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di ruang laboratorium komputer sekolah, Senin (25/4/2016). (Foto Istimewa/Dok.SMP Negeri 1 Galur)

Pengumuman UN SMP sudah masuk tahap penyerahan hasil ke Provinsi

Harianjogja.com, JOGJA-Totok Suprayitno Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyerahkan hasil Ujian Nasional (UN) SMP sederajat kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, pada Sabtu, pukul 10.00 (4/6/2016).

Advertisement

Secara simbolik penyerahan hasil UN SMP sederajat diserahkan oleh Kepala Balitbang kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Sedangkan untuk 32 provinsi lainnya diserahkan oleh tim dari Sekretariat UN.

Turut hadir dalam acara penyerahan ini adalah Daryanto Irjen Kemdikbud, Supriyono Direktur Pembinaan SMP, Nizam Kepala Puspendik, Dadang Sudiyarto Sekretaris Balitbang, Asianto Kepala BKLM, Bambang Suryadi Sekretaris BSNP, dan para Kepala Dinas Pendidikan Provinsi.

Dadang Sudiyarto Sekretaris Balitbang yang memandu jalannya acara mengatakan jadwal penyerahan hasil UN SMP sederajat dimajukan dari tanggal 6 Juni ke tanggal 4 Juni karena tanggal 6 tersebut merupakan hari pertama puasa Ramadhan.

Advertisement

Pada kesempatan tersebut Totok Suprayitno Kepala Balitbang Kemdikbud mengatakan bahwa bahwa pelaksanaan UN SMP sederajat tahun 2016 sukses dan lebih baik dari pelaksanaan UN tahun 2015. Apa indikatornya?

“Indikator kesuksesan tersebut adalah adanya apresiasi terhadap pelaksanaan UN dari berbagai pihak, termasuk Komisi X DPR-RI,” ucap Totok, panggilan akrabnya, seraya menyampaikan apresiasi kepada Panitia UN Tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota dan Satuan Pendidikan serta semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan UN.

Anggota Komisi X DPR-RI, tambah Totok, dalam dua kali Rapat Dengar Pendapat, tanggal 25 Mei dan 2 Juni 2016, memberikan apresiasi luar biasa terhadap pelaksanaan UN tahun ini. Pelaksanaan UN Berbasis Komputer merupakan model UN yang ideal.

Advertisement

Sebagaimana kita ketahui UN SMP Sederajat dilaksanakan pada tanggal 9 sampai dengan 12 Mei 2016, diikuti oleh 4.207.331 siswa. Dari jumlah tersebut, sebanyak 155.011 siswa adalah peserta UNBK yang dilaksanakan di 1.005 sekolah/madrasah di seluruh Indonesia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif