Jogja
Sabtu, 4 Juni 2016 - 23:19 WIB

PENCEMARAN AIR SUNGAI BEDOG : Ribuan Ikan Mati, Warga Khawatir Air Sumur Tercemar

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Anak-anak mandi di sungai (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Pencemaran air Dungai Bedog diduga menjadi penyebab ribuan ikan mati

Harianjogja.com, BANTUL- Warga Dusun Dukuh, Guwosari, Pajangan, Bantul khawatir air sumur di sekitar sungai Bedog, ikut tercemar limbah yang diduga dari pabrik.

Advertisement

Hal ini menyusul ditemukannya ribuan ikan mati di sungai tersebut, Sabtu pagi (4/6/2016).

“Sumur warga banyak berada tidak jauh dari sungai Bedog, kini mereka juga khawatir air sumur mereka juga tercemar,” kata Ihsan, warga setempat.

Ia mengungkapkan, warga sekitar menggunakan air sumur untuk keperluan sehari-hari mulai mandi cuci kakus (MCK) hingga air minum. Tentu saja, air direbus terlebih dahulu.

Advertisement

Ia berharap pihak terkait harus segera melakukan tindakan, serta pemerintah juga bisa segera melakukan teguran terhadap pihak pabrik.

Yuhairi, warga lain mengatakan dalam sepekan terakhir saja sudah tiga kali warga menemui kasus ikan mati mendadak seperti ini. Aliran air di Sungai Bedog pun juga tidak seperti biasa, akhir-akhir ini air tampak lebih pekat dan ada bau limbah pabrik. “Kalau warga menyebut ini airnya terkena limbah blothong,” ujarnya.

Kejadian ikan mati mendadak seperti saat ini terjadi setelah pabrik mulai beroperasi. Limbah pabrik yang disinyalir dialirkan ke sungai yang menyebabkan ikan-ikan ini mati.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif