Lifestyle
Sabtu, 4 Juni 2016 - 09:00 WIB

INFO HIDUP SEHAT : Khasiat Bunga Pisang, Obat Anemia hingga Diabetes

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bunga pisang (Recipesduniya.com)

Info hidup sehat kali ini mengulas manfaat bunga pisang untuk kesehatan.

Solopos.coom, SOLO — Sebagian besar orang akan lebih memilih mengonsumsi buah pisang daripada bunganya. Padahal, bunga pisang bisa menjadi olahan lezat yang kaya akan manfaat untuk kesehatan. Tidak kalah berkhasiat dari buah pisang.

Advertisement

Dikutip Liputan6 dari Boldsky, Kamis (2/6/2016), bunga pisang ini bisa ditumis untuk lauk harian, dibuat kudapan salad, dan juga minuman jus. Pengobatan herbal berbahan dasar bunga pisang ini pun telah dipraktikkan di India sejak 5.000 tahun silam.

Berikut ini tujuh manfaat dari bunga pisang untuk kesehatan:

1. Anemia
Bunga pisang kaya akan zat besi. Zat besi merupakan mineral utama yang diperlukan tubuh untuk menjaga produksi sel darah sehat.

Advertisement

Jadi, bunga pisang dapat meningkatkan produksi sel darah merah, sehingga bisa menyembuhkan anemia.

2. Masalah Menstruasi
Siklus menstruasi yang tidak teratur dapat diperbaiki dengan mengonsumsi bunga pisang. Selain itu, makanan ini juga bisa mengurangi pendarahan yang berlebihan dan nyeri panggul yang ekstrem.

3. Tingkatkan Laktasi
Bunga pisang ternyata dapat merangsang saluran susu di payudara ibu yang baru saja melahirkan. Selain itu, produksi air susu ibu (ASI) pun jadi lebih banyak.

Advertisement

4. Diabetes
Studi telah menunjukkan, bunga pisang memiliki kemampuan menurunkan kadar gula darah hingga batas tertentu.

5. Menguatkan Dinding Rahim
Selain mengandung zat besi, bunga pisang juga mengandung nutriri kalsium dan zat tembaga yang dapat memperkuat dinding rahim Anda. Sehingga bisa mencegah infeksi rahim, serta meningkatkan kesuburan.

6. Sembelit
Bunga pisang ini juga kaya akan serat. Sehingga dapat meningkatkan gerakan usus dan membuat sistem metabolisme lancar. Siklus pembuangan kotoran tubuh pun lancar dan bisa mengurangi sembelit.

7. Peradangan dan Infeksi
Maslah peradangan dan infeksi bisa diobati dengan bunga pisang yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Penyakit seperti maag, nyeri sendi, dan infeksi jamur juga dapat berkurang setelah mengonsumsi bunga pisang ini.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif