Lifestyle
Jumat, 3 Juni 2016 - 20:25 WIB

TIPS ASUH ANAK : Awas, Gadget Bisa Sebabkan Anak Lambat Bicara

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak menggunakan gadget (www.huffingtonpost.com)

Tips asuh anak menyebutkan gadget bisa menjadi penyebab anak terlambat bicara.

Solopos.com, JAKARTA – Di era kemajuan teknologi, manusia seakan tak bisa dilepaskan dari gadget. Namun bagi Anda yang telah berstatus sebagai orang tua, perlu diketahui gadget bisa menyebabkan sang anak terlambat berbicara.

Advertisement

Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Jaya dr Rini Sekartini SpA(K), mengatakan anak usia di bawah dua tahun tidak seharusnya dikenalkan gadget (gawai).

“Banyak orang tua yang mengasih anak mereka gawai sejak dini. Padahal, untuk anak usia di bawah dua tahun, gawai tak ada gunanya,” ujar Rini di Jakarta, Kamis (2/6/2016).

Anak yang dikenalkan gawai sejak dini menjadi lambat berbicara, meskipun pemahamannya cukup baik.

Advertisement

“Gawai untuk anak usia dua tahun tidak ada manfaatnya. Anak menjadi lambat dalam berbicara,” tambah dia sebagaimana dilansir Antara.

Menurutnya, anak berusia dua tahun harus lebih banyak berinteraksi dan melakukan komunikasi dua arah. Akan tetapi, saat ini banyak orang tua yang memberikan gawai pada anak agar diam dan mudah diatur.

“Di Jakarta dan kota besar kami sering menemukan banyak anak-anak yang lambat berbicara. Seharusnya, orang tua tidak mengenalkan anaknya pada gawai,” terang dia.

Advertisement

Idealnya, anak usia dua tahun sudah bisa berbicara dan setidaknya sudah mempunyai 100 kosakata.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif